Logo Header

Kecamatan Biringkanaya Bersama FKKM Kembali Gelar FGD Penanganan Stunting di Daya

Redaksi
Redaksi Senin, 07 Agustus 2023 12:53
Kecamatan Biringkanaya Bersama FKKM Kembali Gelar FGD Penanganan Stunting di Daya

MAKASSAR – Stunting adalah gangguan pertumbuhan anak akibat kekurangan gizi dan infeksi berulang yang ditandai dengan Panjang atau tinggi badan anak berada dibawah stadar

Diketahui, angka stunting Indonesia menurun, dari 24,4 persen (tahun 2021) menjadi 21.6 persen tahun lalu mengalami penurunan, namun angka persentase tersebut masih diatas batas yang ditetapkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), yaitu 20 persen.

Persentase stunting Indonesia juga lebih tinggi dibanding sejumlah negara Asia Tenggara seperti Filipina (20), Malaysia (17), dan Thailand (16).

Berdasarkan titik sebaran, hampir seluruh provinsi, kecuali Sumatra Selatan dan Bali, memiliki persentase stunting di atas batas WHO. Adapun provinsi dengan stunting tertinggi adalah Sulawesi Barat (39,7) dan Nusa Tenggara Timur (38,7). (sumber https://p2ptm.kemkes.go.id/)

Menyikapi sebaran dan persentase Stunting di atas, Pemerintah Kota Makassar gencar melaksanakan kegiatan yang kiranya berdampak pada penurunan Stunting khususnya di wilayah Kota Makassar dengan cara aktif melakukan sosialisasi, edukasi, dan diskusi membahas Stunting.

Hari ini Pemerintah Kecamatan Biringkanaya menggelar Focus Group Discussion (FGD) Stunting bertempat di Aula Kantor Kelurahan Daya.

Kegiatan FGD Stunting dibuka oleh Camat Biringkanaya Benyamin B Turupadang dengan mengajak warga bersama-sama “memerangi” Stunting, Senin (7/8/2023).

Kegiatan FGD Stunting dihadiri Ketua Forum Kemanusiaan Kota Makassar (FKKM) dr. Udhin Syahputra Malik yang didaulat sebagai Narasumber.

Kegiatan ini juga dihadiri Lurah Daya Nur Alam A., SE.,M.Si. beserta Staf sebagai fasilitator kegiatan FGD, Ketua LPM Kelurahan Daya Hendra, SE., Perwakilan Puskesmas, para Pj Ketua RT/RW, Tokoh Masyarakat, dan Warga. (*)

Redaksi
Redaksi Senin, 07 Agustus 2023 12:53
Komentar