Logo Header

Financing Expo 2023, Cara Dinas Koperasi Makassar Bantu UMKM Naik Kelas

Redaksi
Redaksi Senin, 13 Maret 2023 17:40
Financing Expo 2023.
Financing Expo 2023.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Dinas Koperasi dan UKM Makassar menggelar kegiatan Financing Expo 2023 yang dihadiri oleh 33 pelaku UMKM di Mall Pipo Makassar.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan edukasi kepada pelaku UMKM dalam mengembangkan bisnis jualannya agar tetap eksis diera yang semakin canggih.

Menurut Ade Ismar Gobel, Kepala Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam Diskop Makassar, selama dua hari kegiatan (11-12 Maret) ia menargetkan jumlah transaksi bisa mencapai Rp200 juta.

“Saya pikir ini sudah tercapai, karena kemarin saya waktu hari pertama, transaksi sudah hapir Rp100 juta,” ucapnya saat ditemui di Mall Phipo, Minggu malam (12/03).

Lebih lanjut, Raihan Muhammad Ikbal Project Manager Gemilang Kreatif menuturkan keterlibatannya dalam gelaran

Financing Expo 2023.

“Jadi, kami disini sebenarnya hanya sebagai penyambung kebutuhan dari Dinas Koperasi. Kami bantu mengkonsep acara ini mulai dari tema dan acara apa saja yang akan dipadukan untuk kemeriahan dan kesuksesan kegiatan,” tuturnya.

Untuk itu, melalui kolaborasi yang dilakukannya bersama Dinas Koperasi, Raihan berharap kegiatan ini bisa menginspirasi para pelaku UMKM agar tetap kreatif menyajikan produknya.

Tak hanya itu, Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar memberikan kesempatan bagi para UMKM untuk mengajukan pinjaman dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Pinjaman tersebut diutamakan bagi 33 UMKM yang terlibat dalam kegiatan Financing Expo 2023 yang berlangsung di Mall Phipo Makassar pada 11-12 Februari 2023.

Ade Ismar Gobel, Kepala Bidang Pembiayaan dan Simpan Pinjam Diskop Makassar, mengatakan, keterlibatan Diskop untuk menyalurkan KUR murah kepada pelaku UMKM karena banyak dari mereka yang ingin meningkatkan kualitas produk tapi terkendala oleh dana.

“Makanya kami melakukan pertemuan dengan beberapa bank. Soalnya banyak UMKM yang ternyata butuh dana KUR dibawah Rp5 juta. Makanya kami bantu untuk mudahkan pengajuannya ke bank, supaya pengembaliannya lebih murah dan terjangkau,” ucapnya, Minggu malam (12/03).

Selanjutnya, Ade menuturkan jika pihaknya melakukan kerjasama penyaluran KUR dengan beberapa perbankan dan nonperbankan. “Seperti BNI, BTN, BCA, MANDIRI dan Pegadaian,” pungkasnya.

Ade berharap, hadirnya program yang diinisiasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Makassar, bisa membantu UMKM naik kelas.

Redaksi
Redaksi Senin, 13 Maret 2023 17:40
Komentar