Logo Header

Kegiatan Village Observation XIV SMA Islam Athirah 1 Makassar Disambut oleh Bupati Pangkep: Athirah Adalah Sekolah Yang Unik

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 06 Februari 2023 21:28
SMA Islam Athirah 1 Makassar adakan Village Observation
SMA Islam Athirah 1 Makassar adakan Village Observation

WAJAHINDONESIA.CO.ID,MAKASSAR – Peserta didik kelas 10 SMA Islam Athirah 1 Makassar akan berangkat ke Kabupaten Pangkep dalam rangka kegiatan Village Observation XIV.

Kegiatan Village Observation XIV ini berlangsung selama lima hari sejak tanggal 6 hingga 10 Februari di Desa Balle Anging, Kecamatan Ballocci, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Direktur Sekolah Islam Athirah (SIA), H. Syamril, ST., M.Pd melepas peserta didik yang akan berangkat di lapangan basket SIA 1 Makassar.

“Kita bersyukur pada pagi ini anak-anak ku kelas 10 akan berangkat ke sebuah desa yang luar biasa dengan pemandangan yang bagus. Lokasinya dekat desa wisata. Semoga anak-anakku sekalian bisa menikmati dan menghayati dengan baik. Belajar untuk berempati. Jaga nama baik Athirah, sikap dan prilaku di daerah orang lain. Jangan lupa berdoa dan berdzikir dengan baik. Semoga perjalanan ananda aman dan lancar,” pesan Syamril di acara pelepasan, Senin (6/2/2023).

Selanjutnya rombongan Village Observation XIV bergerak menuju rumah jabatan Pangkep" href="https://wajahindonesia.co.id/tag/bupati-pangkep/">Bupati Pangkep. Wakil Direktur Sekolah Islam Athirah Wilayah Kajaolalido, Mas Aman Uppi, S.Pd.,M.Pd menerangkan tujuan dari kegiatan Village Observation ini.

Village Observation dilaksanakan agar anak didik dapat mengeluarkan soft skillnya dan juga melatih tentang leadership, kemandirian serta sosialisasi dengan masyarakat,” terang Mas Aman dalam kata sambutannya di rumah jabatan Pangkep" href="https://wajahindonesia.co.id/tag/bupati-pangkep/">Bupati Pangkep, Senin (6/2/2023).

Dilain sisi, Pangkep" href="https://wajahindonesia.co.id/tag/bupati-pangkep/">Bupati Pangkep, H. Muh Yusran Lalogau menyambut hangat rombongan Village Observation XIV SMA Islam Athirah 1 Makassar.

“Saya merupakan alumni Athirah Kajol dari SD sampai SMP. Athirah itu berbeda dengan sekolah lain, dimana kita diajarkan lebih tentang keagamaan dan kedisiplinan,” ungkap Yusran.

“Salah satu yang unik di Athirah adalah kultum setelah sholat.

Dengan adanya kultum, kita diajarkan tentang leadership.

Pesan saya kepada adik-adik, jagalah tata krama selama kita ada dirumahnya orang. Jangan melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat setempat. Jadilah orang yang baik untuk orang lain,” lanjutnya.

Sebagai sekolah penggerak yang konsisten dalam mengimplementasikan Program Sekolah Penggerak, SMA Islam Athirah 1 Makassar mengaitkan kegiatan Village Observation XIV ini dengan Project Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertema Kearifan Lokal.

Village Observation adalah kegiatan untuk belajar kehidupan di desa.

Kegiatan ini juga disandingkan bersama project pelajar pancasila yang bertema kearifan lokal. Jadi anak-anak akan lebih belajar tentang budaya seperti tabe’ dan lainnya sesuai kearifan lokal pada posko masing-masing,” ungkap Kepala SMA Islam Athirah 1 Makassar, Tawakkal Kahar.

Tawakkal juga berpesan kepada peserta didik agar lebih menjaga tata krama, terlebih kepada orang tua angkat di desa Balle Anging tersebut.

“Dimana kaki dipijak disitu langit di junjung.

Kegiatan ini mengajarkan anak untuk lebih mandiri dan lebih baik dalam bersikap dan bertata krama. Mari menyesuaikan kehidupan dengan masyarakat,” tutup Tawakkal.

Diketahui Village Observation adalah kegiatan rutin yang dilaksanakan SMA Islam Athirah 1 Makassar dimana inti dalam kegiatan ini adalah mengajak siswa belajar bersama masyarakat, belajar dengan alam.

Peserta Village Observation akan mengikuti gaya hidup dan profesi masyarakat sekitar.

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 06 Februari 2023 21:28
Komentar