Logo Header

DEMA UIN Alauddin Makassar Gelar Seminar Nasional, Pulihkan Indonesia di Era Digital

Redaksi
Redaksi Rabu, 26 Oktober 2022 00:01
Seminar Nasional UIN Alauddin Makassar.
Seminar Nasional UIN Alauddin Makassar.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, GOWA – Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar menggelar Seminar Nasional Indonesia Recovery Leadership dan Enterpreneurship yang dilaksanakan di Auditorium Kampus II UIN Alauddin Makassar, Selasa (25/10/2022).

Di mana, kegiatan ini menghadirkan tiga keynote speaker yang merupakan Publik Speaker Internasional, Influencer Millenial dan Tokoh Pemuda Sulsel.

Kegiatan ini dihadiri sebanyak 1.500 peserta mulai dari UIN Alauddin Makassar hingga Universitas luar yang kini turut hadir dalam seminar nasional yang banyak memberikan motivasi bagi mahasiswa.

Selaku Keynote Speaker, Tokoh Pemuda Sulsel, Rijal Djamal mengatakan, pemuda itu mampu berfikir kreatif, mampu melakukan perubahan.

“Apa sih arti pemuda jika tidak melakukan sesuatu, pemuda itu mampu berfikir secara kreatif apabila Indonesia tidak lagi memiliki orang-orang dengan imajinasi tinggi, apalah jadinya negri ini, pemuda juga harus mampu melakukan suatu perubahan (agen of change),” ungkapnya.

Ia pun menjelaskan bagaimana Indonesia dengan segala perkembangannya, melihat digital yang semakin meningkat membuat jutaan pekerjaan sudah tidak berlaku lagi.

“Oleh karena itu era digital yang merupakan era dimana pemuda harus bisa membuat perubahan-perubahan positif,”

Di tempat yang sama, Influencer Millenial, Sherly Annavita mengatakan, mindset pemuda dengan drama takut dikritik itu perlu dihilangkan.

“Penyakit anak muda zaman sekarang memang unik, takut dikritik, takut mendengar pendapat orang lain, sedangkan kita anak muda bisa belajar dan maju melalui apa yang orang katakan terhadap kritikan yang diberikan dan pekerjaan yang telah dikerjakan,” jelasnya.

Sementara itu, salah seorang peserta Seminar Nasional dari Fakultas Adab dan Humaniora, Ahmad Farhan Saiful mengatakan, motivasi yang disajikan sangat dapat merubah pola pikir pemuda.

“Seminar hari ini memang betul-betul bermanfaat, khususnya bagi diri saya pribadi. mulai dari pematerinya yang sangat berpengalaman, kompeten dan ahli dibidangnya, telah memberikan materi yang memang di butuhkan saat ini oleh anak muda. mulai dari segi ilmu, pengalaman dan kiat-kiat suksesnya mereka berikan untuk kita sebagai peserta,” katanya.

“Setelah datang dari Seminar Nasional ini Alhamdulillah sekarang saya sudah tau tentang pola pikir yang benar sebagai pemuda, juga sudah tahu langkah apa yang harus dimulai dari sekarang, untuk bisa survive dan berubah jadi lebih baik,” jelasnya.

Citizen Reporter : Rahmawati (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Redaksi
Redaksi Rabu, 26 Oktober 2022 00:01
Komentar