Logo Header

2022, Angan-angan, Harapan, dan Tantangan

Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 04 Januari 2022 21:57
2022, Angan-angan, Harapan, dan Tantangan

WAJAHINDONESIA.CO.ID – Kita ketahui bersama bahwa baru saja kita memasuki tahun 2022.

Tentu tidak mudah melewati tahun 2021 yang penuh cobaan & melatih kesabaran.

Bagaimana tidak, pandemi virus corona yang menyerang & berlangsung selama 2 tahun lebih ini telah menyerang hampir semua sektor baik, kesehatan, ekonomi & pariwisata. Dan telah banyak memakan korban jiwa.

Sementara itu, pasien Covid-19 yang meninggal dunia juga masih bertambah.

Vaksinasi yang dipercepat & meluas di indonesia terjadi akibat kerjasama semua pihak stekholder di didalamnya

Bukan hanya di indonesia melainkan seluruh dunia.
Maka dari itu, tahun ini tepatnya tahun 2022 pastinya kita semua berharap agar virus ini segera hilang.

Apalagi beberapa hari ini, kita kembali dikhawatirkan dengan adanya varian omicron menjadi chapter baru pandemi, yang mulai terdeteksi keberadaannya di Indonesia.

Berdasarkan data Kemenkes, saat ini sudah tercatat 46 kasus omicron yang sebagian besar merupakan imported cases yang ditularkan melalui perjalanan ke luar negeri.

Peningkatan kasus terjadi seiring dengan pulangnya pekerja migran ke Indonesia.

Tidak ada hal lain yang lebih penting selain tetap menerapkan 5 M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, Mengurangi Mobilitas, Menjaga Jarak, dan Menghindari Kerumunan).

Hal ini telah terbukti ampuh dalam mengurangi penyebaran virus sejauh ini, terlebih untuk saat ini, virus omicron sudah masuk dalam klasifikasi VOC yang memiliki perhatian khusus dan mungkin sudah berevolusi dengan kapasitas penyebaran yang lebih mudah pada orang dengan kapasitas antibodi rendah.

Tetap menerapkan aturan tersebut menjadi langkah preventif utama yang paling mudah dilakukan oleh semua orang, jika dirasa memiliki berbagai tanda atau kontak erat untuk secepatnya melakukan pemeriksaan PCR agar memungkinkan isolasi tepat waktu dan pengobatan yang tepat agar transmisi varian omicron terhambat.

Harapan saya dan pastinya semua orang berharap agar semuanya membaik & pulih di segala sektor dan Kebijakan melarang WNA masuk ke Indonesia untuk sementara waktu sebagai antisipasi masuknya varian baru virus corona merupakan langkah yang tepat.

Oleh: Muh. Taufiqul (Alumni Pascasarjana UMI)

Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 04 Januari 2022 21:57
Komentar