Logo Header

BNN: Suhartina Bohari Positif Metamfetamin

Redaksi
Redaksi Sabtu, 21 September 2024 10:21
BNN: Suhartina Bohari Positif Metamfetamin

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNN) Sulawesi Selatan (Susel) memastikan Mantan Wakil Bupati Marso, Suhartina Bohari positif menggunakan Metamfetamin.

KPU

“Dari 140 yang kami lakukan tes urine, terindikasi 1 orang positif yaitu Calon Wakil Bupati Maros,” ungkap Ketua Tim Pemeriksa Narkotika Pilkada Sulsel 2024, Sudarianto dalam video yang diunggah di akun youtube BNNP Sulsel.

Sudarianto mengatakan pemeriksaan narkotika dilakukan secara profesional dengan menggunakan rapid tes 7 parameter. Bahkan pemeriksaan dilakukan hingga tiga kali untuk memastikan adanya kandungan narkotika dalam tubuh Wakil Bupati Maros tersebut.

“Pemeriksaan dilakukan 3 kali, karena pada tes pertama ditemukan hasil positif, maka untuk memastikan dilakukan lagi tes kedua, sesuai SOP kami dilakukan tes konfirmasi ke pusat laboratorium BNN cabang Makassar dan hasilnya positif juga,” jelasnya.

Hasil pemeriksaan tersebut menunjukkan suhartina menggunakan Narkotika jenis Methamphetamine.

“Laboratorium BNN dapat mendeteksi dan dapat mengurai hasilnya kalau yang dikonsumsi itu adalah obat batuk, maka akan merujuk pada nama obatnya begitu pun obat tidur. Pada pemeriksaan kali ini langsung menunjuk Methamphetamine,” bebernya.

Dari hasil tes tersebut juga diketahui, Suhartina menggunakan Methamphetamine dalam kurun waktu 5 hari terakhir. Sebab media urin hanya bisa dideteksi pada rapid test dalam kurun waktu 1-5 hari.

“Jika lebih dari 10 hari maka tidak terdeteksi dengan rapid test lagi,” tutupnya.

Ia pun mengimbau kepada Suhartina agar segera melaporakn diri ke BNN untuk mendapatkan rehabilitasi.

“Olehnya itu bagi penyalahguna narkoba bisa melaporkan diri ke BNN tidak dipidana, tapi diberikan program rehabilitasi dalam upaya pemulihan penyalahgunaan narkotika,” tandasnya.

Redaksi
Redaksi Sabtu, 21 September 2024 10:21
Komentar