Logo Header

Camat Mamajang Hadiri Pelatihan Kader Stunting Dari RS Ibnu Sina YW-UMI

Redaksi
Redaksi Selasa, 17 Oktober 2023 19:43
Camat Mamajang Hadiri Pelatihan Kader Stunting Dari RS Ibnu Sina YW-UMI

MAKASSAR – Puskesmas Mamajang dan Puskesmas Cendrawasih bersama tripika Kecamatan berkolaborasi dengan RS Ibnu Sina YW-UMI menggelar pelatihan kader stunting, Selasa (17/10/2023).

Kegatan yang diinisiasi oleh RS Ibnu Sina YW-UMI itu menghadirkan tiga narasumber ahli dalam bidangnya yaitu Dr.dr. Ida Royani, M.Kes, MHPE memberikan pemaparan tentang “Revitalisasi Peran Kader pada Penanganan Stunting”. Selanjutnya, dr. Aryanti R. Bamahry, Sp.GK(K) membahas “Prinsip Tatalaksana Gizi pada anak stunting”. Dan dr. Sidrah Darma, Sp.A memberikan wawasan mengenai “Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Stunting”.

Ketua Tim RS Ibnu SIna YW-UMI, Dr.dr. Shofiyah Latief,SpRad(K),MKes, MHPE mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pemangku kepentingan yaitu Direksi RS Ibnu Sina YW-UMI Makassar, Tripika Kecamatan Mamajang yakni Camat Kecamatan Mamajang, Kapolsek Mamajang, Danramil 1408/06 Mamajang), Tim Satgas Stunting Makassar, Ketua Tim Penggerak PKK Mamajang, Kepala Puskesmas Mamajang dan Cendrawasih, Lurah-lurah se-Kecamatan Mamajang, Pimpinan Rumah Zakat Makassar, para Kader Kecamatan Mamajang, serta para orang tua dan anak yang telah terdiagnosis mengalami stunting.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan hasil Kolaborasi Pengabdian Masyarakat Rumah Sakit Ibnu Sina YW-UMI Makassar, Tripika Kecamatan Mamajang, dan Nucifera Cafe.

Tujuan kegiatan ini juga untuk mempersiapkan kader tangguh agar mampu berperan aktif dalam upaya penanggulangan dan eliminasi Kasus Stunting di Kecamatan Mamajang Kota Makassar.

Acara ini menjadi rangkaian pelaksanaan kegiatan Program “Ibu Pintar, Bayi Sehat, Generasi Cerdas” dan diharapkan menjadi program pilot project menuju zero stunting di Kota Makassar pada tahun 2023, demgan satu tujuan demikian diutarakan oleh Ketua Tim Dr.dr. Shofiyah Latief,SpRad(K),MKes, MHPE

Shofiyah mengatakan kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah tokoh dan pemangku kepentingan yaitu Direksi RS Ibnu Sina YW-UMI Makassar, Tripika Kecamatan Mamajang yakni Camat Kecamatan Mamajang, Kapolsek Mamajang, Danramil 1408/06 Mamajang), Tim Satgas Stunting Makassar, Ketua Tim Penggerak PKK Mamajang, Kepala Puskesmas Mamajang dan Cendrawasih, Lurah-lurah se-Kecamatan Mamajang, Pimpinan Rumah Zakat Makassar, para Kader Kecamatan Mamajang, serta para orang tua dan anak yang telah terdiagnosis mengalami stunting.

Kegiatan ini juga menggambarkan kolaborasi yang kuat antara pihak-pihak terkait dalam upaya mengatasi masalah serius ini serta memecahkan masalah dari hulu ke hilir sehingga anak-anak di Kecamatan Mamajang bisa tumbuh sehat dan berkualitas sesuai dengan harapan, pungkas Muh. Ari Fadli, S.STP Camat Mamajang Kota Makassar, (**)

Redaksi
Redaksi Selasa, 17 Oktober 2023 19:43
Komentar