Logo Header

Dirilis IMD World Competitive Center, Makassar Masuk Daftar Kota Pintar atau Smart City

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Rabu, 05 April 2023 19:07
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

WAJAHINDONESIA.CO.ID,MAKASSAR Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel) masuk dalam daftar kota pintar atau smart city. Makassar berada di urutan ke-114 dari 141 kota di dunia.

Daftar kota pintar dunia itu dirilis IMD World Competitivenes Center melalui Smart City Index (SCI) Report 2023. Selain Makassar, juga ada 2 kota lainnya di Indonesia yakni Jakarta di urutan ke-102 dan Medan di urutan ke-112.

Makassar masuk dalam daftar berkat sejumlah capaian yang baik seperti akses informasi pemerintahan, ketersediaan layanan medis, transportasi publik, hingga ketersediaan lapangan kerja baru.

Namun Makassar memiliki beberapa catatan yang perlu menjadi perhatian. Terutama terkait korupsi pejabat daerah.

Sementara Jakarta, menempati urutan ke-102 berkat ketersediaan layanan medis, penciptaan lapangan kerja baru, dan akses pendidikan berkualitas.

Kemudian Medan dinilai memiliki akses ke sekolah yang bagus, ketersediaan lapangan kerja baru, hingga akses informasi ke pemerintah yang baik.

Hanya saja Jakarta dan Medan juga mendapat catatan yang sama seperti Makassar, terutama terkait korupsi.

Sementara secara keseluruhan kota pintar dunia ditempati oleh Zurich di urutan pertama. Kemudian disusul Oslo, Canberra, Capenhagen, Lausanne, London, dan Singapura di urutan ke-7.

Zurich berhasil mempertahankan posisinya sejak 2019 lalu. Sementara Singapura juga konsisten di urutan ke-7 sejak 2020 lalu.

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Rabu, 05 April 2023 19:07
Komentar