Logo Header

Penguatan Kompetensi Manajemen Kelas Jadi Tema Workshop Hari Kedua Forum Pengembangan Guru Athirah Bone

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Sabtu, 07 Januari 2023 23:25
Workshop hari kedua Forum Pengembangan Guru Sekolah Islam Athirah.
Workshop hari kedua Forum Pengembangan Guru Sekolah Islam Athirah.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, BONE Mengawali semester genap 2023, Sekolah Islam Athirah menggelar workshop bertajuk Forum Pengembangan Guru 2023 yang digelar di tiga wilayah, yakni Kajaolaliddo dan Bukit Baruga di Makassar, serta di Bone pada hari Selasa (5/1/2023).

Kegiatan yang menyasar seluruh guru di semua unit Sekolah Islam Athirah ini menjadi agenda awal tahun dalam rangka meningkatkan kompetensi pedagogik guru sebelum memasuki masa pembelajaran siswa.

Setelah melalui pembukaan dan materi pembelajaran berdifrensiasi, memasuki hari kedua, Forum Pengembangan Guru masuk pada materi Kompetensi Manajemen Kelas.

Materi yang dibawakan oleh Erwin B, S.Pd.,Gr.,M.E. dan Muh.Nurholis, S.Pd.,Gr. Tersebut mengulas seputar kemampuan guru dalam mengelola dan menata kelas dan siswa sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berlangsung kondusif.

Menurut pemateri yang akrab disapa Pak Nurholis, manajemen kelas yang baik dapat mencipatakan suasana yang kondusif yang berdampak langsung terhadap daya serap siswa sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Selain itu, manajemen kelas bukan hanya tentang menata meja dan kursi saja, tetapi sampai meliputi suasana psikologis siswa yang harus disentuh dengan teknik-teknik tertentu.

“Manajemen kelas itu bukan semata menata meja dan kursi saja, tetapi meliputi suasana psikologis siswa yang harus disentuh dengan teknik-teknik tertentu. Manajemen kelas yang baik dapat menciptakan suasana yang baik dan menyenangkan. Impactnya adalah daya serap siswa. Kalau daya serap siswa bagus, tujuan pembelajaran akan dapat dengan mudah dicapai,” Ungkap sosok yang mengampu mata pelajaran bahasa Indonesia tersebut.

Sekolah Islam Athirah menggelar serentak kegiatan Forum Pengembangan Guru untuk mengawali agenda awal tahun sebelum memasuki pembelajaran di semester genap.

Empat kompetensi yang diulas dalam forum berformat workshop tersebut antara lain, Spiritualisasi, Asessmen Awal, Asesmen Sumatif, Pembelajaran Berdifrensiasi, dan Manajemen Kelas yang akan dibawakan oleh pimpinan dan guru terpilih sebagai pematerinya.

 

Penulis: Nurholis (Tim Athirah Web)

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Sabtu, 07 Januari 2023 23:25
Komentar