Logo Header

Manajemen Haji dan Umroh UIN Alauddin Makassar Gelar Diskusi Agama dan Budaya

Redaksi
Redaksi Selasa, 13 Desember 2022 15:45
Diskusi Agama dan Budaya Manajemen Haji dan Umroh.
Diskusi Agama dan Budaya Manajemen Haji dan Umroh.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Jurusan Manajemen Haji dan Umroh, Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) UIN Alauddin Makassar menggelar Festival Culture Week di LT FDK, Selasa (13/12/2022).

Diskusi agama dan budaya yang dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Manajemen Haji dan Umroh mengusung tema ‘Melestarikan Agama dan Budaya Lokal di Era Globalisasi’.

Salah satu narasumber, Asrim Saputra yang merupakan perwakilan dari OMPI Sulsel menekankan bahwa dilihat dari tema yang diangkat maka masalah terletak pada melestarikan.

“Keterkaitan antara budaya biasanya lari pada agama, karena diikuti oleh faktor-faktor kebiasaan kita, jadi kita hanya perlu melestarikan budaya kita karena agama tentu saja sudah pasti,” katanya,

Sementara, salah satu peserta yang hadir dalam diskusi tersebut mengajukan pertanyaan tentang bagaimana cara menghadapi keadaan tentang banyaknya budaya yang telah menyisir masyarakat contohnya budaya Korea saat ini.

Rahmat K sebagai narasumber kedua menanggapi pertanyaan tersebut.

“Biasanya orang yang mengikuti budaya-budaya Korea atau pun luar negeri karena mereka biasa menonton drama Korea. Kemudian yang dilihat dari film tersebut mengikut kekehidupannya, maka kita sebagai pengomsumsi hal-hal tersebut harus tau batasan sampai mana hal yang harus diikuti,” jelasnya.

Selain diskusi, hari kedua Festival Culture Week juga disemarakkan dengan beberapa kegiatan seperti pameran foto dan beberapa stan yang disiapkan oleh panitia.

Citizen Reporter: Krisda Ekawati (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Redaksi
Redaksi Selasa, 13 Desember 2022 15:45
Komentar