Logo Header

Wabup Selayar Pimpin Rakortas TL di Dinas ESDM Sulsel

Redaksi
Redaksi Kamis, 08 Desember 2022 11:42
Wabup Saiful Arif saat memimpin Rapat.
Wabup Saiful Arif saat memimpin Rapat.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Tidak umum, tapi inilah yang dilakukan Wabup Selayar, Saiful Arif, memimpin rapat koordinasi dengan para pejabat Pemkab Selayar, di salah satu kantor OPD Sulsel.

“Izin, jika diperkenankan, kami akan meminjam ruang Rapat Kantor ini untuk membicarakan rencana tindak lanjut di Selayar” pinta Wabup Selayar, Saiful Arif kepada Kabid Energi Terbarukan dan Kelistrikan Dinas Ekonomi dan Sumber Daya Mineral Sulawesi Selatan, Jamaluddin, ST, M.T, sesaat setelah Rakor terkait rencana pembangunan Listrik Tenaga Surya (PLTS) di Selayar, Rabu (7/12/2022) siang.

“Oh, silahkan, dengan senang hati”, jawab Kabid Jamaluddin, tak kalah ramahnya.

Seperti diberitakan, Pemerintah Provinsi mengundang khusus pemerintah Kabupaten Selayar untuk membicarakan rencana pembangunan PLTS di 4 titik dalam wilayah kecamatan kepulauan meliputi 11 desa di Selayar.

Di samping Dinas ESDM, selaku tuan rumah, juga hadir sejumlah opd terkait, antata lain Dinas PUPR, Dinas Kehutanan, Dinas Perikanan, Dinas LH. Juga unsur PLN, dan unsur TGUPP di antaranya Mantan Bupati Selayar H.M. Akib Patta.

Sementara itu, dari Pemkab Selayar, Wabup Saiful Arif didampingi Kadis Perhubungan Suwardi, Kadis PUPR, Muh. Ramli, Kadis LH Taufiq Kadir, Kabid Perencanaan Perekonomian SDA, Infrastruktur dan Kewilayahan Bappelitbangda A. Rumbiah Manajai, Kabag Ekonomi Rahman Mude dan beberapa staf.

Wabup Saiful Arif memberikan pengantar singkat lalu meminta para ka opd / unit kerja menyampaikan rencananya untuk memperlancar pekerjaan Pembangunan PLTS di empat wilayah kecamatan kepulauan.

Sebelum menutup Rakor singkat tersebut, Wabup menyatakan rasa syukurnya kepada Allah dan terima kasih pada Dinas ESDM Sulsel yang mamfasilitasi Ruangan serta pada para Ka OPD dan unit kerja yang memanfaatkan kesempatan yang berharga dengan sebaik baiknya.

Setiba di Selayar, kita tinggal melaksanakan aksi sesuai Tupoksi masing-masing.

Beberapa point yang menjadi catatan penting, antara lain, mempercepat penyelesaian Perda RTRW Selayar dan turunannya dengan memperhatikan RTRW Sulsel, mempercepat pembebasan lahan dengan melibatkan pemerintah setempat, baik camat maupun kades, segera membuat Surat Bupati ke Gubernur terkait perobahan status lahan, mengundang para camat dan kades terkait untuk mempercepat proses kesiapan lahan, melakukan up date data pelayanan listrik hingga akhir tahun ini.

Serta mempersiapkan pelatihan tenaga teknisi yang dapat menangani peralatan yang akan dipasang manakala terjadi keruaakan ringan.

“Kita tidak ingin pembangunan listrik di tempat lain dengan dana ratusan milyar, akhirnyay mubazzir karena tidak bertahan lama, terjadi di Selaya”, pungkas Wabup Selayar Saiful Arif mengingatkan.

Redaksi
Redaksi Kamis, 08 Desember 2022 11:42
Komentar