Logo Header

Emansipasi Wanita dari Kacamata Masyarakat

Redaksi
Redaksi Selasa, 06 Desember 2022 16:22
Emansipasi wanita. (Andi Iit).
Emansipasi wanita. (Andi Iit).

Dalam kamus besar bahasa Indonesia, emansipasi adalah pembebasan dari perbudakan atau persamaan hak dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat, seperti persamaan hak kaum wanita dengan kaum pria.

Emansipasi wanita adalah suatu upaya untuk menuntut persamaan hak-hak kaum wanita terhadap hak-hak kaum pria di segala bidang kehidupan masyarakat. Emansipasi wanita bertujuan untuk memberi kebebasan diri pada wanita terhadap kontruksi sosial atau standar tradisional.

Jadi secara terminologi, emansipasi wanita adalah perjuangan agar wanita bisa memilih dan menentukan nasib sendiri dan mampu membuat keputusan sendiri.

Jika kita mendengar kata “wanita” yang berkembang di perspektif masyarakat, perempuan itu adalah makhluk hidup yang lemah. Dalam segi kontruksi sosial, wanita menganggap diperlakukan tidak adil.

Karena, dalam pandangan masyarakat yaitu mengutamakan perspektif pria di atas wanita.

Gerakan emansipasi wanita ini telah ada sejak dulu dimana banyak tokoh yang memperjuangkan posisi wanita dalam kedudukan sosial. RA Kartini adalah salah satu tokoh yang melakukan pergerakan ini.

Tak bisa dipungkiri, bahwa perjuangan pembebasan diri wanita terhadap perspektif masyarakat yang masih percaya bahwa wanita pada waktunya akan berakhir di dapur ini pantas untuk di apresiasi. Memberikan pernyataan bahwa wanita layak untuk mendapatkan kedudukan yang sama dengan laki-laki.

Berdasarkan survey Grant Thomton tahun 2017, Indonesia menempati peringkat teratas terkait dengan jumlah pemimpin perempuan se-Asia Pasifik. Ditingkat dunia, Indonesia menempati peringkat kedua.

Melihat hasil survey grant thomton terhadap 5500 perusahaan, tentunya dapat menjadi kabar yang positif sekaligus bukti bahwa emansipasi wanita dalam dunia kerja telah berkembang lebih baik.

Namun, seiring berjalannya waktu upaya pembebasan diri atau emansipasi wanita ini telah diterapkan dalam berbagai bentuk. Banyak usaha-usaha sederhana yang dapat di lakukan untuk menerapkan emansipasi wanita. Usaha yang dapat dilakukan adalah tidak bergantung terhadap siapapun dalam segala urusan dan menjadi seseorang yang mandiri.

Langkah sederhana lainnya yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari untuk mendorong emansipasi wanita adalah saling mendukung sesama wanita, berhenti untuk melakukan body shaming kepada sesama perempuan, mengikuti organisasi atau kegiatan yang dapat mendatangkan perubahan, tidak menutup mata dan telinga ketika perempuan lain menjadi korban akan kekerasan, saling mendukung dalam menyuarakan pendapat karena dengan berani bicara tentang emansipasi, hak-hak perempuan, dan kesetaraan gender, kamu bisa menyebarkan kesadaran akan pentingnya hal ini sekaligus meruntuhkan penghalang yang ada.

Kunci dari Emansipasi wanita ini sebenarnya terdapat dalam diri sendiri dimana masing-masing orang harus memiliki tekad terhadap gerakan ini. Pada dasarnya, emansipasi wanita ini bertujuan untuk mendapatkan kesetaraan hak dengan laki-laki dalam segi atau bidang manapun. Emansipasi wanita ini juga merupakan gerakan yang membuat wanita berkembang seiringnya waktu.

Penulis : Andi iit (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Redaksi
Redaksi Selasa, 06 Desember 2022 16:22
Komentar