Logo Header

Sisi Unik Pembukaan Piala Dunia Qatar, Pertama dalam Sejarah Sepakbola

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 November 2022 00:22
Pembukaan Piala Dunia Qatar. (INT)
Pembukaan Piala Dunia Qatar. (INT)

Piala dunia adalah kompetesi sepak bola internasional yang diikuti oleh tim nasional putra senior anggota federasi sepak bola internasional (FIFA), badan pengatur sepak bola dunia.

Kejuaran ini telah diselenggarakan setiap empat tahun sekali sejak turnamen 1930, kecuali pada tahun 1942 dan 1946, yang tidak diselenggarakan karena perang dunia II.

Ajang sepakbola ini diadakan 4 tahun sekali di berbagai Negara yang disepakati oleh FIFA. Pada saat ini tepatnya tahun 2022 Qatar, terpilih sebagai tuan rumah piala dunia.

Piala dunia kali ini berlangsung sangat meriah dan disambut dengan sangat antusias oleh seluruh dunia. Hal itupun direspon baik oleh Qatar sebagai tuan rumah, tak tanggung-tanggung Qatar mengeluarkan dana yang bisa dikatakan sangat besar jumlahnya/nominalnya.

Tepat setelah Qatar ditunjuk sebagai tuan rumah pada tahun 2010, Qatar sudah mempersiapkan berbagai macam ide untuk menyukseskan piala dunia kali ini. Mulai dari pembangunan stadion yang memakan waktu sekitar 12 tahun untuk akhirnya selesai.

Stadion tersebut bernama Stadion Internasional Khalifa, nama stadion diambil dari nama salah satu Emir Qatar, Khalifa bin Hmad Al Thani.

Hal yang menjadi sorotan pada piala dunia tahun 2022 di Qatar ini ialah pembukaan yang sangat megah dan meriah serta memunculkan hal baru.

Sudah menjadi hal yang lumrah dalam setiap perhelatan piala dunia, setiap Negara yang ditunjuk sebagai tuan rumah pasti memiliki konsep yang berbeda-beda dalam melaksanakan pembukaan piala dunia.

Qatar yang disebut Negara islam memberikan hal baru dalam pembukaan piala dunia, diawal acara pembukaan tepatnya ditengah stadion dilantumkan ayat suci Al-Qur’an dalam hal ini surah Ar-Rahman. Hal tersebut adalah sebuah kebanggaan bagi seluruh umat islam di dunia.

Qatar berhasil berdakwah atau memperkenalkan islam keseluruh dunia, bahwa setiap yang khendak kita lakukan harus diawali dengan berdoa. Adapun satu konsep yang menurut saya menarik yaitu, Qatar membuat kita mengingat kembali tentang sejarah piala dunia yang telah terlaksana hingga saat ini.

Dalam setiap piala dunia, Negara yang terpilih sebagai tuan rumah akan membuat suatu ikon sebagai ciri khas Negara itu sendiri.

Dalam konteks ini Negara tuan rumah membuat sebuah maskot yang menjadi ciri khas Negara itu, salah satunya Zabivaka adalah mascot resmi piala dunia pada tahun 2018 yang diselenggarakan di Rusia.

Maskot ini mengambil bentuk serigala antropomorfik dengan bulu berwarna coklat dan putih mengenakan kaos bertuliskan “ RUSSIA 2018 “. Qatar sendiri sebagai tuan rumah saat ini memperkenalkan maskot mereka yang bernama “ LA’EEB “, dalam bahasa arab berarti pemain dengan kemampuan super.

Lebih lanjut, La’eeb sendiri menurut FIFA adalah benda yang tidak bisa dijelaskan sehingga para fans sepakbola bisa menginterpretasikan sesuai kemauan mereka. La’eeb digambar mengenalkan semangat bermain, menyebarkan kegembiraan dan kepercayaan diri. Tidak hanya berfokus pada maskotnya sendiri, Qatar membuat seluruh fans sepakbola bernostalgia kembali dengan memunculkan maskot-maskot dari setiap perhelaan piala dunia hingga saat ini.

Hal ini bagi saya merupakan suatu hal sangat menarik dan unik, karna Qatar mengajarkan sedikitnya tentang sejarah terjadinya piala dunia, dari keseluruhan maskot yang dimunculkan membuat kita mengenang kembali moment-moment yang telah terjadi pada piala dunia.

sepakbola adalah sebuah olahraga ajaib, karna sepakbola mengajarkan tentang banyak hal yang bisa mengubah dunia. Sepakbola tidak memandang atau membeda-bedakan, baik itu jender, ras, agama, warna kulit, tinggi badan dan lainnya. Sepakbola mengajarkan untuk saling menghargai dan bekerja sama dalam satu tim untuk mencapai tujuan bersama.

Citizen: Vina Susanti (Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar)

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 November 2022 00:22
Komentar