Logo Header

Basarnas Sulsel MoU dengan Pemda Barru Penanganan Tanggap Darurat Bencana

Redaksi
Redaksi Selasa, 08 November 2022 22:34
Basarnas Sulsel MoU dengan Pemda Barru Penanganan Tanggap Darurat Bencana

BARRU — Kepala Kantor Basarnas Sulsel hadir langsung ke Ruang Rapat Bupati Barru dalam hal penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) atau Nota Kesepakatan mengenai Penanganan Tanggap Darurat Bencana Alam bersama Pemda Barru yang diwakili oleh BPBD Barru dan Rumah Sakit Umum Daerah Lapatarai Barru, Selasa (8/11/2022).

Nota Kesepakatan ini berisi tentang upaya penanganan korban apabila terjadi bencana alam di Kabupaten Barru. Selain itu, juga akan diberikan pelatihan kompetensi kepada sumber daya manusia yang ada di BPBD maupun di RSUD Barru tentang prosedur penanganan korban tanggap darurat apabila terjadi bencana.

Kepala Kantor Basarnas Sulsel, Dr Djunaidi MM menyampaikan apresiasi tinggi atas upaya yang dilakukan Pemda Barru dalam meningkatkan kerjasama lintas lembaga untuk memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat di Kabupaten Barru.

“Apalagi, bukan hanya potensi bencana alam yang memerlukan penanganan korban tapi juga kondisi membahayakan manusia, kecelakaan kapal dan transportasi lainnya. Mengingat kondisi geografis Kabupaten Barru terdapat wilayah perairan dan adanya Pelabuhan Garongkong yang memiliki aktifitas lalu lintas pelayaran mulai ramai. Serta adanya stasiun dan lintasan jalur kereta api juga meningkatkan potensi terjadinya kecelakaan, “ungkapnya.

Lanjut dikatakan Djunaidi, MoU ini dapat terjalin kerjasama yang baik antara Basarnas dan Pemerintah Daerah yang ada di Sulsel dalam menyiapkan sumber daya yang siap diterjunkan membantu masyarakat apabila terjadi kondisi darurat yang membutuhkan pencarian dan atau pertolongan.

” Semoga inisiasi yang baik dari Pemda Barru bisa mewujudkan sinergitas dalam pelaksanaan tugas-tugas kemanusiaan di masa akan datang, “tutup, (co/**) .

Redaksi
Redaksi Selasa, 08 November 2022 22:34
Komentar