Logo Header

Hari Kebudayaan Makassar Digelar 1 April, Berfokus di Acara Karnaval

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 Maret 2022 14:25
Kadis Kebudayaan Makassar saat menggelar Konferensi Pers.
Kadis Kebudayaan Makassar saat menggelar Konferensi Pers.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSARHari Kebudayaan dan bulan Budaya tahun ini merupakan pelaksanaan untuk tahun ke 4, yang mana pencanangannya telah dilaksanakan sebelumnya di bulan April 2019.

Bahkan, proses penetapannya melalui seminar dengan melibatkan semua unsur dibidang budaya, dan dilaksanakan dengan sukses tanpa adanya dukungan penganggaran.

Untuk di tahun 2022, adapun selama sebulan penuh di sepanjang bulan April 2022, rangkaian kegiatan hari dan bulan budaya bakal lebih semarak lagi dengan kegiatan tahun sebelumnya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Kepala Dinas Kebudayaan Kota Makassar, Herfidha Attas mengatakan acara hari kebudayaan kali ini akan berfokus pada karnaval dengan melibatkan sebanyak 200 peserta.

“Mereka terdiri dari paguyuban serta sanggar-sanggar seni yang merupakan binaan dinas kebudayaan kota makassar, dengan menggunakan baju karnaval, baju adat nusantara serta baju adat suku bangsa,” ujar Herfidha dalam konferensi persnya di Museum Kota Makassar, Selasa (29/3/2022).

Kata dia, rangkaian acaranya tidak begitu panjang mengingat masih dalam suasana pandemi Covid-19 dan bertepatan dengan hari Jumat 1 April 2022.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, pihak hotel, restoran, toko-toko hingga masyarakat tingkat bawah bahwa hari kebudayaan itu 1 April,” ungkapnya.

“Intinya di hari kebudayaan tahun ini kami akan perlihatkan bahwa ada ritual budaya yang masih banyak orang belum tahu,” tambah Herfidha.

Herfidha juga berharap dengan pelaksanaan kegiatan lnl juga, mampu meningkatkan ekonomi masyarakat di sektor UMKM melalui penyewaan baju adat maupun penjualan makanan dan jajanan tradisional,

“Dimana hal ini sejalan dengan visi misi walikota terkait pemulihan ekonomi di masa pandemi, yang insya allah mulai melandai dengan begitu gencarnya penanganan Covid-19 pemerintah kota lewat program makassar recover,” terangnya.

Untuk rangkaian acara secara teknis, EO gelaran Hari Kebudayaan Makassar ke-4, Sofyan Setiawan menyampaikan ada 11 sanggar akan mengikuti parade budaya, kemudian menampilkan 25 karya busana karnaval, 9 diantaranya adalah busana pemenang.

“Di tanggal 2 April sore akan dilaksanakan ritual budaya Sura macca adalah ritual khas Sulawesi Selatan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, dan itu akan diadakan di halaman balaikota,” ungkapnya.

Di tanggal 8 April, kata Wawan sapaan akrabnya, ada lagi ritual budaya, jadwalnya itu di malam hari setelah salat tarawih karena agendanya di bulan puasa.

“Selama 5 menit malam budaya di tanggal 8 april dengan menampilkan drama musikal sang mujahid syech yusuf ritual tradisi budaya yang akan dilaksanakan di tanggal 2 dan 8 april sore hari, pukul 16.00 wita, dengan bentuk ritual tradisi sura maca serta barasanji (pembacaan riwayat syech yusuf),” jelasnya.

Untuk lebih mengingatkan dan menanamkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat kota Makassar akan makna dari peringatan hari kebudayaan, khususnya pemuda dan siswa siswi sekolah.

Redaksi
Redaksi Selasa, 29 Maret 2022 14:25
Komentar