Logo Header

1 Desember, Indonesia Mulai Diizinkan Masuk ke Arab Saudi Tanpa Transit

Redaksi
Redaksi Jumat, 26 November 2021 09:04
Arab Saudi. (INT)
Arab Saudi. (INT)

WAJAHINDONESIA.CO.ID, ARAB SAUDI – Indonesia mulai diziinkan masuk ke negara Arab Saudi tanpa transit di negara ketiga. Itu mulai berlaku pada 1 Desember 2021 mendatang.

Selain Indonesia, ada 6 negara yang diizinkan masuk ke Arab Saudi tanpa transit diantaranya Mesir, India, Brazil, Vietnam, dan Pakistan.

Meskipun begitu, saat tiba di Arab Saudi, pemerintah setempat tetap mewajibkan untuk pendatang dikarantina selama lima hari.

“Sumber itu menekankan pentingnya mematuhi penerapan semua tindakan pencegahan Covid-19 yang diterapkan pemerintah,” demikian laporan kantor berita Saudi, SPA dikutip dari Al-Arabiya, Jumat (26/11/2021).

“Dia (pejabat Kemendagri Saudi) juga mengatakan bahwa semua prosedur tindakan harus dievaluasi terus menerus oleh otoritas kesehatan Saudi, sesuai dengan perkembangan situasi epidemiologis secara global,” tambahnya.

Hal itu menyusul adanya hasil terbaru dari penyebaran Covid-19 di Arab Saudi termasuk dengan 6 negara yang dimaksud.

Saudi memang secara bertahap menerima jemaah umrah dari luar negeri yang sudah divaksin corona mulai 9 Agustus lalu.

Jemaah yang dibolehkan tiba hanya mereka yang berasal dari negara yang masuk daftar hijau atau dinilai aman dari lonjakan kasus Covid-19, menurut kriteria yang ditetapkan Kementerian Kesehatan dan Badan Penerbangan Sipil Saudi pada Agustus lalu.

Saat itu, Indonesia masih menjadi satu dari sembilan negara yang masuk dalam daftar larangan masuk Saudi karena tingkat penularan dan angka kematian Covid-19 yang tinggi.

Redaksi
Redaksi Jumat, 26 November 2021 09:04
Komentar