Logo Header

Dosen STIE Nobel Makassar-Binus Teliti Pembelajaran Kewirausahaan di Era Industri 4.0.

Redaksi
Redaksi Selasa, 15 Oktober 2019 17:57
Dosen STIE Nobel Makassar-Binus Teliti Pembelajaran Kewirausahaan di Era Industri 4.0.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR — Dua dosen dari kampus yang berbeda, yakni Muhammad Hidayat (STIE Nobel Makassar) dan Ulani Yunus (Bina Nusantara University) tengah meniliti ihwal Pembelajaran Kewiraushaan di era industri 4.0.

Jurnal yang mereka buat, bertujuan untuk membahas keterampilan bagi mahasiswa berupa pembelajaran kewirusahaan yang dapat dituangkan dalam kurikulum perguruan tinggi di Indonesia untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Dosen STIE Nobel Makassar, Muhammad Hidayat mengatakan,sebanyak 60 dosen diwawancarai secara mendalam yang dalam kelompok kewirusahaan dari berbagai perguruan tinggi di Kota Makassar dan Jakarta. “Selanjutnya, dilanjutkan melalui focus group discussion (FGD) untuk mencapai pemahaman terkait konten kurikulum yang efektif dalam menghadapi kebangkitan revolusi industri 4.0,” urainya.

Sementara itu, Ulani Yunus menambahkan, penelitian yang dilakukan memiliki empat tahapan. Diantaranya, tahap pemetaan keterampilan, penyusunan struktur mata kuliah, penetapan strategi pembelajaran, hingga observasi khusus adaptasi revolusi industri 4.0, Universitas Bina Nusantara Jakarta (observasi partisipan).

“Penelitian ini menemukan susunan mata kuliah, dapat dikelompokkan menjadi tiga literasi penting,yaitu literasi data, kedua literasi teknologi dan literasi manusia. Mereka terkandung dalam 40 mata pelajaran di lebih dari tujuh semester. Penelitian ini juga merekomendasikan agar pembelajaran di kelas diintegrasikan dengan pembelajaran lapangan dalam bentuk program magang yang lebih intensif,” tukasnya.

Redaksi
Redaksi Selasa, 15 Oktober 2019 17:57
Komentar