Logo Header

KPU Sulsel Gelar Simulasi Pemungutan Suara untuk Pilgub dan Pilwalkot Makassar 2024

Redaksi
Redaksi Minggu, 27 Oktober 2024 22:07
KPU Sulsel Gelar Simulasi Pemungutan Suara untuk Pilgub dan Pilwalkot Makassar 2024

WAJAHINDONESIA.CO.ID – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Selatan mengadakan simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Lapangan Tennis Indoor Telkom pada Sabtu, 26 Oktober 2024.

KPU

Simulasi ini bertujuan memberikan gambaran lengkap terkait proses pemungutan dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam Pilgub Sulsel dan Pilwalkot Makassar 2024.

Ketua KPU Sulsel, Hasbullah, menjelaskan bahwa sebelumnya simulasi serupa telah digelar di Kabupaten Maros oleh KPU RI, namun saat itu hanya untuk satu pasangan calon.

Simulasi di Makassar kali ini mencakup dua agenda besar, yaitu Pilgub dan Pilwalkot, dan menjadi bagian dari persiapan matang yang menunjukkan pentingnya tahapan pemilihan sebagai pesta demokrasi.

“Ini menandakan betapa kita mengutamakan konsep demokrasi sebagai sistem politik yang dilaksanakan dengan penuh kesungguhan. Maka penting untuk memperhatikan seluruh proses yang terjadi di TPS, karena rangkaiannya panjang dan persiapannya lebih dari setahun,” ujar Hasbullah.

Hasbullah menambahkan, simulasi ini diadakan untuk meningkatkan kualitas demokrasi di Sulawesi Selatan, sekaligus memperbaiki administrasi pemilu, terutama dalam tahap pemungutan dan penghitungan suara.

“Kami tidak ingin ada hambatan pada proses rekapitulasi nantinya. Prinsipnya, teman-teman di lapangan harus cermat dan memberikan pelayanan terbaik guna mendukung partisipasi masyarakat,” tutupnya. (*)

Redaksi
Redaksi Minggu, 27 Oktober 2024 22:07
Komentar