Logo Header

Gol Telat Bahrain Jadi Kontroversial, STY: AFC Harus Benahi Kinerja Wasit

Redaksi
Redaksi Jumat, 11 Oktober 2024 07:07
Gol Telat Bahrain Jadi Kontroversial, STY: AFC Harus Benahi Kinerja Wasit

WAJAHINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Gol kontroversial Bahrain menuai kritik pedas dari pelatih Timnas Indonesi, Shin Tae Yong.

KPU

Diketahui, pertandingan kualifikasi tersebut berlangsung di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, pada Kamis (10/10).

Kemarahan pelatih asal Korea Selatan itu tak dapat disembunyikan setelah Indonesia gagal mengamankan kemenangan.

Menurut Shin, keputusan wasit asal Oman, Ahmed Al Kaf, yang dianggap merugikan Indonesia, menjadi salah satu penyebab hasil imbang tersebut.

Gol penyama kedudukan dari pemain Bahrain, Mohamed Marhoon, tercipta saat injury time berjalan hingga sembilan menit, padahal wasit hanya memberikan tambahan waktu enam menit. Keputusan ini memicu protes dari pihak Indonesia yang merasa dicurangi.

Dalam konferensi pers usai pertandingan, Shin Tae Yong menyebutkan bahwa AFC perlu melakukan pembenahan dalam hal kinerja wasit jika ingin sepak bola Asia berkembang.

“Baik Bahrain maupun Indonesia telah memberikan yang terbaik hingga menit akhir pertandingan,” ujar Shin.

“Namun, ada beberapa keputusan yang menurut saya memalukan, terutama terkait kinerja wasit. Jika AFC ingin maju, mereka harus memperbaiki standar wasit.”

Timnas Indonesia sebenarnya hampir mencatatkan comeback gemilang setelah sempat tertinggal oleh gol Mohamed Marhoon pada menit ke-15.

Namun, gol Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick berhasil membalikkan keadaan menjadi 2-1 untuk Indonesia. Sayangnya, gol telat Marhoon di masa injury time membuat kemenangan Indonesia sirna.

Berikutnya, Timnas Indonesia akan melakoni laga penting melawan China pada Selasa (15/10) di Stadion Qingdao, dalam lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Redaksi
Redaksi Jumat, 11 Oktober 2024 07:07
Komentar