Dorong Masyarakat Hidup Sehat dan Bahagiah, Dosen Unsa Makassar Gelar PKM Penyuluhan Sampah

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR- Dosen Prodi Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar, Dr. Ahmad Syaekhu, S.Sos, S.Pd, M.Si kembali menggelar kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

Kegiatan PKM Penyuluhan Sampah yang berlangsung di UPT SPF SD Inpres Layang III Kandea Kecamatan Tallo, pada Jumat (11/10/2024) mengambil tema ‘Lingkungan Sehat, Hidup Jadi Bahagiah’ diikuti oleh guru, dan seluruh siswa dan siswi.

Ahmad Syaekhu, didampingi mahasiswa KAMPUS MENGAJAR dalam kegiatan ini menyampaikan, sampah di sekolah jika dikelola dengan baik akan membantu mengurangi kerusakan lingkungan.

“Mengelolah sampah di sekolah antara lain dengan cara mendaur ulang,mengompos dan memilah sampah organik dan non organik,” Ahmad memaparkan.

Lebih jauh Ahmad menjelaskan, berdasarkan data sistim informasi pengelolaan sampah nasional (SIPSN) KLHK, Indonesia saat ini menghasilkan 14,834,510 ton/ tahun timbul sampah disepanjang tahun 2022.

Sampah yang sudah terkelola disebutnya sebanyak 60,6%, sementara sampah tidak terkelola mencapai 39,4%.

Padahal kebijakan tentang kepedulian terhadap lingkungan khususnya di sekolah, telah tertuang di dalam Kurikulum Merdeka dimensi beriman dan bertaqwa Kepada Tuhan Yang Maha Esa yang didalamnya terdapat beberpa elemen.

“Yaitu akhlak beragama, akhlak pribadi, akhalak kepada`manusia,ahklak kepadaalam dan akhlak bernegara,”kata Ahmad.

Beberpa solusi pengelolaan sampah di sekolah disampaikannya antara lain: membuat program 3R, mengajak siswa dan sisiwi untuk kampanye pengurangan sampah melalui poster atau leafleat, menyedialan tempat kompos, melakukan kerjasama dengan pihak dinas DLH kota atau Bank Sampah, dan mengadakan kegiata bersih-bersih lingkungan sekolah secara rutin.

Berita Terkait
Baca Juga