Dukungan Masif Andalan Hati di Pilgub Sulsel: Cakada, Mantan Kepala Daerah Hingga Bupati Turun Langsung Sosialisasi

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Dukungan untuk pasangan calon (Paslon) 02, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) terus menguat.

Hal itu dibuktikan saat Andi Sudirman Sulaiman melakukan kunjungan ke bebeapa daerah di Sulsel. Begitu juga yang dilakukan wakilnya, Fatmawati Rusdi.

Mulai dari tokoh masyakat, mantan kepala daerah, bahkan calon kepala daerah (Cakada) di Sulsel turun langsung mendampingi Andi Sudirman dan Fatmawati Rusdi melakukan sosialisasi.

Di Kabupaten Enrekang misalnya, dua calon kepala daerah yakni Paslon nomor 1, Mitra Fachrudin MB dan Paslon nomor 02, Yusuf Maritangnga-Andi Tenri Liwang.

Bahkan tak hanya Cakada, Mantan Bupati Enrekang dua periode, La Tinro La Tunrung juga ikut turun langsung melakukan sosialisasi terhadap Andi Sudirman.

Bahkan waktu itu La Tinro La Tunrung yang masih berada di Jakarta, langsung terbang ke Enrekang saat mendengat kabar Andi Sudirman akan ke Kabupaten Enrekang.

“Enrekang mengenal dan merespon bapak (calon) Gubernur kita (Andi Sudirman). karena kita sudah melihat rekam jejak pembangunan yang sangat luar biasa waktu menjadi Gubernur Sulsel,” ungkap La Tinro saat mendampingi Andi Sudirman kampanye di Kabupaten Enrekang, Sulsel, Sabtu (5/10/2024) lalu.

Menurutnya, Calon Gubernur Sulsel nomor urut 02 itu adalah sosok yang tidak banyak bicara. Tapi kerjanya sangat nyata.

Olehnya, dirinya yang sedang berada di Jakarta, langsung ke Enrekang untuk mendampingi kunjungan Andi Sudirman di Kabupaten yang disapa Bumi Massenrempulu.

“Ini sebuah kesyukuran dan kehormatan masyarakat Enrekang atas kehadiran pak Andi Sudirman. Saya yang dengar kabar pak Andi Sudirman di Toraja dan akan melewati Enrekang, saya langsung ke sini untuk menyambut beliau,” ungkapnya.

Sementara itu, Cawagub Sulsel 02, Fatmawati Rusdi yang juga turun langsung ke berbagai daerah juga mendapat respon yang sangat baik. Di Kabupaten Soppeng misalnya.

Bupati Soppeng, Andi Kaswadi Razak menyatakan saat kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman sebagai Gubernur Sulsel periode 2021-2023 telah banyak memberikan pembangunan di berbagai sektor.

“Dan kehadiran Bu Fatmawati Rusdi Calon Wakil Gubernur beliau, pastinya akan membantu Soppeng dan Sulsel pada umumnya akan lebih maju,” kata Kaswadi dalam silaturahmi Andalan Hati bersama masyarakat di Kecamatan Lalabata, Soppeng, Minggu (6/10/2024) malam.

Dia mengatakan kerja nyata Andi Sudirman mulai dari pembangunan dan perbaikan infrastruktur jembatan juga jalan sudah sangat terasa bagi warga Soppeng.

“Sehingga dengan demikian tidak ada alasan bagi kita untuk tidak mendukung Andalan Hati yang sudah bekerja dan membantu daerah kita,” ungkap Kaswadi.

Tokoh Masyarakat Lalabata, Agustin Jauhar menyatakan bukti kerja pembangunan Andi Sudirman juga terasa di pertanian, kesehatan, pendidikan, dan pariwisata.

“Jadi masyarakat sudah menikmati. Saya pikir ini pasangan yang tidak ada tandingannya,” ucapnya.

Sementara itu, Pengamat Politik Unhas, Prof Armin mengungkapkan, apa yang dilakukan Andi Sudirman, sudah dibuktikan dengan membangun berbagai infrastruktur di Sulsel. Mulai dari perbaikan jalan, perekonomian, hingga pariwisata.

“Itulah sebabnya incumbent jarang dikalah. Jadi dia sudah memberi bukti nyata, sedangkan penantang baru menjanjikan kebaikan. Jadi belum ada bukti yang dilihat masyarakat,” ujarnya.

“Karena itu sebarkan kebaikan sebanyak-banyaknya kepada para masyarakat. Rakyat pasti akan menyerahkan kepada yang sudah melakukan kebaikan kepada dirinya. Itu sudah dibuktikan Andi Sudirman,” sambungnya.

Tak hanya itu, kata dia, pasangan Andi Sudirman-Fatmawati Rusdi yang mengusung tagline Sulsel Maju dan Berkarakter itu diusung koalisi Parpol.

Di antaranya Partai NasDem, Gerindra, Golkar, PKS, Demokrat, PAN, Hanura, PSI, Gelora, dan Perindo.

“(Andalan Hati) partai pendukungnya banyak. Kalau semua anggota dewan ke konstituen dan didampingi tim sukses bersama-sama menyakinkan pemilihnya untuk memilih Andalan Hati,” jelasnya.

Olehnya, dengan kekuatan tersebut pasangan Andalan Hati sudah di atas angin meninggalkan penantangnya Danny Pomanto-Azhar Arsyad.

“Saya kira Andalan Hati sudah di atas angin untuk memenangkan Pilkada. Tapi secara religius harus bersandar kepada Allah SWT. Allah menyukai hukum sebab akibat. Kalau kita didukung berarti ada fakta sosial yang mendahului bahwa kita telah melakukan kebaikan kepada orang yang mendukung kita. Orang yang berbuat baik sangat dekat dengan rakyat,” tandasnya. (*)

Berita Terkait
Baca Juga