Logo Header

Disandera KKB Sejak Februari 2023, Pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens Akhirnya Dibebaskan

Redaksi
Redaksi Sabtu, 21 September 2024 13:46
Disandera KKB Sejak Februari 2023, Pilot Susi Air Phillip Mark Mehrtens Akhirnya Dibebaskan

WAJAHINDONESIA.CO.ID, PAPUAPilot Susi Air asal Selandia Baru, Phillip Mark Mehrtens akhirnya dibebaskan usai disandera Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) pimpinan Egianus Kogoya sejak Februari 2023 lalu.

KPU

Kepala Operasi (Ka Ops) Damai Cartenz 2024, Brigjen Pol Faizal Ramadhani mengatakan, Phillip bebas usai berbagai upaya telah dilakukan pemerintah Republik Indonesia untuk membebaskannya.

“Satgas Operasi Damai Cartenz 2024 selama ini mengedepankan upaya soft approach daripada hard approach, kami mengedepankan pendekatan melalui tokoh agama, tokoh gereja, tokoh adat dan keluarga dekat dari Egianus Kogoya,” katanya melalui keterangan resminya Sabtu (21/9/2024).

“Pendekatan ini penting dilakukan untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa baik dari aparat, masyarakat sipil dan sekaligus menjaga keselamatan dari pilot itu sendiri,” sambungya.

Setelah sekian lama melakukan pendekatan dengan berbagai tokoh tersebut, akhirnya membuahkan hasil. Hari ini, Sabtu, Phillip berhasil dijemput oleh Tim Gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Operasi Damai Cartenz 2024.

Phillip dibebaskan dan dijemput oleh tim gabungan di Kampung Yuguru, Distrik Maibarok, Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan dan langsung diterbangkan menuju Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah.

Philip langsung dibawa ke ruangan khusus untuk dilakukan mitigasi medis sekaligus memastikan kondisi psikologisnya dalam keadaan stabil.

Redaksi
Redaksi Sabtu, 21 September 2024 13:46
Komentar