Rakor Bersama PPK, KPU Sulsel Tingkatkan Kapasitas SDM Penyelenggara Pilkada Serentak

WAJAHINDONESIA.CO.ID, BULUKUMBA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Selatan terus melakukan upaya untuk memastikan penyelenggaraan pilkada serentak 2024 yang akan digelar pada 27 November mendatang.

Kali ini KPU Sulsel menyelenggarakan kegiatan Rapat Koordinasi Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, dan/atau Walikota dan Wakil Walikota Gel II dan III di Same Hotel Indonesia-Bira, Kabupaten Bulukumba.

Kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yakni Jumat, 13 September 2024 untuk Gel II dan Sabtu, 14 September 2024 untuk Gel III. Gel II diikuti oleh seluruh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Sekretaris PPK Kabupaten Bone dan Selayar dengan total 232 Peserta.

Adapun Gel III diikuti oleh PPK dan Sekretaris PPK Kota Makassar, Sinjai, Bantaeng, dan Soppeng dengan total 248 peserta.

Kegiatan penguatan SDM Badan Adhoc ini menghadirkan narasumber Adnan Jamal (Anggota Bawaslu Provinsi Sulsel) dan Prof Askari Razak (Akademisi Fakultas Hukum Universitas Muslim Indonesia).

Turut hadir dalam kegiatan ini Koordinator Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Sulsel, Marzuki Kadir, sekaligus mewakili Ketua KPU Sulsel untuk membuka kegiatan tersebut secara resmi.

Turut hadir pula Koordinator Divisi Sumber Daya Manusia dan Litbang KPU Sulsel, Tasrif, dan Kabag, Kasubag serta staf Sekretariat KPU Sulsel.

Dalam sambutannya, Marzuki Kadir menyampaikan bahwa, kegiatan ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas penyelenggara badan adhoc pemilihan.

“Sebab suksesnya pilkada serentak 2024 ditentukan secara kolektif termasuk peran besar dari PPK,” beber Marzuki.

Senada, Tasrif menuturkan bahwa, kegiatan ini sangat penting agar penyelenggara pemilihan khususnya PPK dapat memahami tugas dan kewajibannya dengan baik.

“Serta menyelenggarakan Pilkada secara professional dan berintegritas,” terang Tasrif

Sebelumnya, pelaksanaan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan untuk Gel I telah dilaksanakan KPU Sulsel pada Minggu 8 September 2024 di Hotel Four Point, Makassar.

Diikuti sebanyak 740 peserta dari seluruh PPK Kabupaten Takalar, Gowa, Jeneponto, Barru, Maros, Pangkep, Sidrap, Wajo, Bulukumba, dan Pinrang.

Adapun pelaksanaan kegiatan Penguatan Kapasitas SDM Badan Adhoc Penyelenggara Pemilihan untuk Gel IV dan Gel V direncanakan akan dilaksanakan pada masing-masing di Kabupaten Toraja Utara dan di Luwu Utara pada hari mendatang.

Berita Terkait
Baca Juga