Kemarau Panjang Diprediksi Terjadi di Makassar, Ini Imbauan BMKG!

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Makassar memprediksi gelombang pasan terus melanda Kota Makassar dan sekitarnya. Suhu udara di wilayah ini masih berada di angka 35 derajat Celsius.

“Kemarin, suhu maksimum di Makassar dan sekitarnya masih terpantau 35 derajat Celsius. Ini masih tergolong normal untuk kondisi puncak musim kemarau seperti saat ini,” ujar Asriani Idrus, Prakirawan BMKG Makassar melalui keterangan resminya.

Ia menjelaskan, kondisi cuaca panas ini diperkirakan akan berlangsung hingga pertengahan Oktober mendatang.

“Agustus memang puncak musim kemarau. Jadi, wajar jika suhu udara cukup tinggi. Kami memperkirakan musim hujan baru akan tiba pada akhir Oktober,” jelasnya.

Kondisi cuaca di Sulawesi Selatan terbilang beragam. Jika di wilayah bagian barat, selatan, dan timur tengah mengalami kemarau panjang, wilayah bagian utara seperti Enrekang, Luwu, dan Toraja masih sering diguyur hujan.

“Perkiraan datangnya musim hujan pun berbeda-beda di setiap wilayah. Jika di bagian barat, selatan, dan timur diperkirakan baru akan memasuki musim hujan pada akhir tahun ini, di bagian timur bahkan diperkirakan baru akan memasuki musim hujan pada awal tahun depan,” tambah Asriani.

Kondisi kemarau panjang ini berpotensi menimbulkan kekeringan, terutama di wilayah barat Sulawesi Selatan seperti Jeneponto, Takalar, Gowa bagian barat, sebagian Maros, sebagian Makassar, dan sebagian wilayah Pangkep.

Menyikapi kondisi ini, BMKG mengimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi kebakaran. Selain itu, masyarakat juga dihimbau untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi banyak air putih dan menghindari aktivitas di luar ruangan pada siang hari.

“Suhu paling panas di pesisir Sulawesi Selatan bisa mencapai 36 derajat Celsius. Kondisi ini memang normal jika kita lihat dari data-data tahun sebelumnya. Namun, masyarakat tetap harus waspada dan mengantisipasi dampak dari cuaca panas ini,” tandasnya. (*)

Berita Terkait
Baca Juga