Logo Header

Cagub Andi Sudirman Paling ‘Miskin’ di Pilgub Sulsel, Danny Pomanto Paling ‘Tajir’

Redaksi
Redaksi Rabu, 04 September 2024 14:23
Cagub Andi Sudirman Paling ‘Miskin’ di Pilgub Sulsel, Danny Pomanto Paling ‘Tajir’

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Perhelatan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sulsel 2024 yang diikuti dua pasangan calon mencuri perhatian publik. Tidak hanya soal persaingan, tapi juga soal harta kekayaan empat kandidat seperti dalam Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN).

KPU

Pilgub Sulsel diikuti dua pasangan calon, yakni Andi Sudirman Sulaiman – Hj Fatmawati Rudsi, melawan Danny Pomanto – Azhar Arsyad.

Sosok menonjol karena jumlah hartanya paling sedikit adalah Andi Sudirman Sulaiman, calon gubernur yang berpasangan dengan Hj Fatmawati Rusdi. Padahal Andi Sudirman merupakan petahana Gubernur Sulsel setelah menggantikan Prof Nurdin Abdullah pada Maret 2022.

Berdasarkan data LHKPN, sebelum terjun ke dunia politik pada awal 2018, harta kekayaan Andi Sudirman tercatat Rp9,1 miliar. Setelah tiga tahun menjabat Wakil Gubernur, harta kekayaannya ternyata pernah turun hingga Rp7,6 miliar pada akhir 2021.

Sementara itu, cawagub pasangan Andi Sudirman, Hj Fatmawati Rusdi, memiliki kekayaan Rp100,91 miliar.

Adapun Cagub Danny Pomanto, pesaing Andi Sudirman yang saat ini masih menjabat Wali Kota Makassar, memiliki total harta kekayaan Rp212,36 miliar, sebagian besar merupakan kepemilikan tanah dan bangunan di berbagai lokasi strategis.

Berikut ini rincian harta kekayaan masing-masing calon berdasarkan LHKPN yang mereka laporkan:

1. Cagub Andi Sudirman Sulaiman

Mantan Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memiliki harta kekayaan Rp11,6 miliar. Terdiri dari beberapa tanah dan bangunan yang dimilikinya di Jakarta Selatan, Bone, dan Makassar, serta sejumlah kendaraan dan kas yang dimiliki.

2. Cawagub Hj Fatmawati Rusdi

Fatmawati Rusdi, mantan Wakil Wali Kota Makassar dan anggota DPR RI, memiliki harta kekayaan Rp100,91 miliar. Kekayaannya didominasi oleh tanah dan bangunan di beberapa lokasi strategis, termasuk Jakarta Utara, Makassar, dan Sidrap, serta aset lainnya seperti kendaraan mewah dan kas.

3. Cagub Danny Pomanto

Sebagai Wali Kota Makassar dua periode, Danny Pomanto memiliki total harta kekayaan Rp212,36 miliar. Sebagian besar kekayaannya berasal dari kepemilikan tanah dan bangunan di berbagai lokasi, termasuk Makassar dan Maros. Ia juga memiliki berbagai aset lain, seperti kendaraan, harta bergerak lainnya, serta kas dan setara kas.

4. Cawagub Azhar Arsyad

Azhar Arsyad, cawagub pasangan Danny Pomanto yang juga Ketua DPW PKB Sulsel dan Ketua Fraksi PKB DPRD Provinsi Sulsel, melaporkan total harta kekayaannya Rp12,08 miliar. Kekayaannya sebagian besar terdiri dari tanah dan bangunan yang tersebar di Makassar, Soppeng, dan Pinrang, serta beberapa kendaraan dan aset lainnya.(*)

Redaksi
Redaksi Rabu, 04 September 2024 14:23
Komentar