Logo Header

Pengamat Ungkap Penyebab Banyak Parpol Dukung Andalan Hati di Pilgub Sulsel

Redaksi
Redaksi Kamis, 22 Agustus 2024 17:26
Pengamat Ungkap Penyebab Banyak Parpol Dukung Andalan Hati di Pilgub Sulsel

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Pasangan Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi (Andalan Hati) diminati dan didukung masyarakat Sulsel, terbukti dari tingginya tingkat elektabilitas Andi Sudirman yang dirilis berbagai lembaga survei. Maka tak perlu heran jika mayoritas partai politik (parpol) di Sulsel memantapkan hati merapat ke barisan Andalan Hati.

KPU

Parpol-parpol pendukung Andalan Hati, di antaranya Golkar (14 kursi), Gerindra (13 kursi), Demokrat (7 kursi), PAN (4 kursi), Hanura (1) dan PSI. Masih ada lagi NasDem (17 kursi) dan PKS (7 kursi). Jadi parpol pendukung Andalan Hati total 63 kursi dari 85 kursi di DPRD Sulsel.

Menanggapi dukungan banyak parpol kepada Andalan Hati, pengamat politik Unhas Prof Armin Arsyad menyebutnya sebagai hal yang sangat realistis karena Andi Sudirman Sulaiman (Andalan) sudah punya pengalaman memimpin Sulsel.

“Pak Sudirman itu kan sudah terbukti kinerjanya karena dia petahana gubernur periode 2021-2024. Jadi secara keterpilihan jelas dia berhasil memikat banyak masyarakat Sulsel,” kata Prof Armin saat dikonfirmasi Kamis (22/8/2024).

Menurut Prof Armin, sosok pendamping Andi Sudirman Sulaiman, yakni Hj Fatmawati Rusdi juga memiliki pengalaman di birokrasi saat menjabat Wakil Wali Kota Makassar, sehingga pasti sudah dikenal masyarakat Sulsel, khususnya Makassar dan Sidrap karena suaminya Rusdi Masse pernah menjabat bupati dua periode.

“Bu Fatmawati punya pengalaman dan faktor keterpilihan besar. Dulu kan Wakil Wali Kota Makassar, kemudian pernah terpilih DPR RI dari Dapil 3, sekarang terpilih lagi DPR RI dari Dapil 1,” bebernya.

Apalagi, lanjut Prof Armin, saat ini Fatmawati diusung Partai Nasdem yang menjadi pemenang Pemilu Legislatif 2024 di Sulsel dengan perolehan 17 kursi.

Oleh sebab itu, menurut Prof Armin, wajar jika banyak masyarakat yang menaruh harapan kepada pasangan Andalan Hati untuk memimpin dan membawa maju Sulsel.

“Jadi saya kira, pasangan Andalan Hati adalah pasangan yang apik untuk membawa Sulsel lebih baik dan maju. Pasangan ini terbukti menarik hati masyarakat dan para parpol untuk memenangkan Pilgub 2024 ini,” sambungnya.

*Andalan Banyak Bangun Infrastruktur*

Pengamat politik Unhas lainnya, Andi Ali Armunanto juga menilai, bahwa parpol ramai-ramai ke pasangan Andalan Hati disebabkan elektabilitas dan popularitas yang tinggi.

“Jadi elektabilitas dalam survei yang memang cukup tinggi membuat partai-partai tertarik,” katanya beberapa waktu lalu.

Ali menuturkan, selain faktor elektabilitas survei, ada faktor gabungan yang membuat parpol merapat ke pasangan Sudirman-Fatma di Pilgub. Salah satunya karena jaringan partai dan pengalaman keduanya.

“Jaringan politik lebih baik, kemudian faktor lainnya adalah faktor kapital yang juga cukup mendukung, sehingga pasangan ini dilirik banyak partai,” jelasnya.

Faktor lain adalah rekam jejak Andalan saat menjabat Gubernur Sulsel dan Fatma saat menjadi Wakil Wali Kota Makassar.

“Pak Sudirman banyak mengerjakan infrastruktur, perbaikan jalan, bandara, dan segala macam. Begitu pun Bu Hj Fatma meninggalkan banyak jejak poisitif saat menjadi Wakil Wali Kota Makassar,” pungkasnya.(*)

Redaksi
Redaksi Kamis, 22 Agustus 2024 17:26
Komentar