Logo Header

Program MBKM di PKBM Sumber Ilmu Selayar

Akbar Putra
Akbar Putra Jumat, 09 Agustus 2024 11:50
Program MBKM di PKBM Sumber Ilmu Selayar

WAJAHINDONESIA.CO.ID,KEPULAUAN SELAYAR-Institut Seni Indonesia Surakarta PDD Institut Seni Budaya Indonesia Sulawesi Selatan kembali menunjukkan dedikasinya dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pelatihan mahasiswa melalui kegiatan MBKM Program Kemanusiaan. Mahasiswa ISBI Sulsel berpartisipasi dalam program kemanusiaan ini di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Sumber Ilmu Selayar (PKBMSIS), Kabupaten Kepulauan Selayar.

KPU

Program kemanusiaan ini merupakan wujud komitmen ISBI Sulsel dalam memberikan pengalaman berharga kepada mahasiswanya. Selama lima bulan, kami berkesempatan untuk membantu PKBMSIS dalam pengawasan ujian kesetaraan paket A, B, dan C. Kami juga turut mendokumentasikan semua kegiatan PKBMSIS untuk pembuatan video profil.

Menurut Andi Buana Putra, S.Pd., Ketua Yayasan PKBM Sumber Ilmu Selayar, “Kegiatan MBKM Program Kemanusiaan ini sangat penting bagi kami, terutama dalam mendokumentasikan sebagai bentuk promosi PKBMSIS. Kami juga mendapatkan bantuan dalam mengawasi jalannya ujian paket kesetaraan dan dalam penilaian semua paket ujian.”

Kurangnya informasi tentang Pusat Kegiatan Belajar kepada masyarakat yang pendidikannya sempat terhenti dan membutuhkan ijazah menjadi salah satu tantangan. Kami memilih untuk membuat video profil guna mempromosikan PKBMSIS dan memberikan solusi bagi mereka yang membutuhkan ijazah dengan lebih mudah.

Selain itu, kami juga berkesempatan mengawasi jalannya ujian paket kesetaraan A, B, dan C yang berlangsung selama tiga minggu. PKBMSIS tidak hanya menyediakan ujian paket kesetaraan tetapi juga memiliki kegiatan ekstrakurikuler seperti budidaya hasil laut dan pemberdayaan ternak.

Dengan dikenalnya PKBM Sumber Ilmu Selayar, kami berharap peserta yang sebelumnya sempat terhenti proses belajarnya akan mendapat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan. Hal ini tentunya akan meningkatkan tingkat harapan belajar masyarakat, yang merupakan indikator penting dalam penentuan Indeks Pembangunan Manusia (IPM).

Akbar Putra
Akbar Putra Jumat, 09 Agustus 2024 11:50
Komentar