Ratusan Mahasiswa Unsa Makassar Ikuti Pembekalan KKN Sebelum Terjun ke Masyarakat

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Ratusan mahasiswa Universitas Sawerigading (Unsa) Makassar mengikuti kegiatan pembekalan KKN Angkatan XXVII Tahun 2024, Sabtu 3 Agustus 2024 di gedung aula kampus Jalan Kandea Makassar.

Ketua Pelaksanaan KKN, Asbulah Thamrin, SH.MH., dalam penyampaiannya mengatakan, tujuan dari dilaksanakannya pembekalan ini adalah untuk mempersiapkan mahasiswa agar dapat memberi kontribusi semaksimal mungkin sebelumterjun ke masyarakat.

Peserta KKN merupakan mahasiswa dari berbagai fakultas di Unsa Makassar, yakni Fakultas Hukum, Fisipol, Fakultas Teknik, Fakultas Sastra dan Pendidikan Bahasa Inggris, dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

” KKN ini terbagi dua jenis yakni KKN pengabdian terbagi dua lokasi yakni di Kabupaten Pangkep dan Bone, sementara KKN Profesi terdiri dari 5 instansi,”sebut Asbullah.

Lima instansi KKN profesi sendiri diantaranya adalah Kejaksaan Negeri Makassar, BNN Provinsi Sulsel, Pengadilan Negeri Makassar, Polrestabes Makassar dan KPPU Sulsel.

“Pelepasan dan pemberangkatan akan dilakukan pada 5 Agustus. Mahasiswa akan menjalani KKN selama satu bulan penuh hingga penarikan pada 5 September mendatang,”terangnya.

Rektor Unsa Makassar, Prof. Dr. A. Melantik Rompegading, S.H., dalam sambutannya menjelaskan, sejauh ini mahasiswa telah mendapatkan teori di ruang perkuliahan, KKN merupakan kegiatan praktek untuk menguji teori yang mahasiswa telah pelajari.

“Jadi pesan kami adalah, mahasiswa turun ke masyarakat membawa teori tidak dengan menggurui masyarakat, tetapi kita juga harus belajar dengan masyarakat. Mahasiswa akan banyak berpraktek dan mendapatkan hal-hal yang baru,”ungkapnya.

Melantik juga berpesan kepada para mahasiswa agar membawa serta nama baik kampus ketika terjun ke masyarakat, menjadi pribadi yang memberi ciri bahwa mahasiswa UNSA adalah orang-orang yang ulet, semnagat, sopan dan pekerja keras.

“KKN ini jangan dianggap sebagai formalitas saja tapi harus dijadikan tempat belajar dan mengabdi kepada masyarakat,”katanya.

Turut hadir dalam kegiatan ini adalah Wakil Rektor 1 Bidang Akademik, Dra.Hj.Mardiani, M.Hum, Sekretaris LPPM Unsa Makassar, Dr. Ahmad Syaekhu, S.Pd., M.Si., dan sejumlah dosen lainnya.

Berita Terkait
Baca Juga