Logo Header

Rektor Unsa Makassar Kunjungi Mesir Jalin Kerjasama Internasional

Redaksi
Redaksi Sabtu, 15 Juni 2024 08:21
Rektor Unsa Makassar Kunjungi Mesir Jalin Kerjasama Internasional

WAJAHINDONESIA.ID.CO, MESIR- Rektor Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Prof. Dr. A. Melantik Rompegading, S.H., M.H., didaampingi enam dosen lainnya melakukan lawatan ke Kairo Mesir kurang lebih dua pekan lamanya.

KPU

Kunjungan yang berlansung dari 26 Mei hingga Juni 2024 lalu bersama rombongan Benchmarking, dalam rangka menjalin kerjasama dengan kampus dan Lembaga internasional di Mesir.

Rektor Universitas Sawerigading (UNSA) Makassar, Prof. Dr. A. Melantik Rompegading, S.H., M.H., mengatakan saat tiba di Kairo, pihaknya bersama rombongan diterima langusng oleh Duta Besar RI Mesir, Dr. Lutfi Rauf, MA beserta Atase Pendidikan (Education and Cultural Attache) Abdul Muta’ali, Ph.d, di Kedutaan Mesir.

“Pertemuan ini kami membahas kegiatan kerjasama dengan Canal Zues University, Ismailiyah Egypt Mesir,”terang Melantik. Tidak hanya itu dalam kesempatan tersebut rombongan juga memberikan materi di Pusat Study Indonesia pada Fakultas Bahasa, Syariah dan Ushuluddin tentang budaya dan hukum di Indonesia.

Dalam kegiatan ini rombongan Unsa juga melakukan anjangsana ke salah satu perpustakaan terbesar dunia di kota romantis Alexandria yang berada di tepi pantai Laut Mediterania yang membelah benua Afrika dan Eropa.

“Selain mengunjungi Museum NMEC the Pharaohs Golden Parade, Kampus Al Azhar Cairo, Piramide of Giza, Spinx, di atas perahu yang ditempuh selama 3 jam menyusuri Sungai Nil kami berdiskusi membahas sejarah Mesir Kuno,” cerita Melantik.

Perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi makam raja2 (Firaun) Ramzis di kota Luxor yakni Valley of Kings, Luxor di daerah kekuasaaan Rajaan Firaun (Ramzis) dan Karbala Temple (kuil terbesar ke 2 di dunia) serta ke The Hats Hep Sut.

Selama di Kairo rombongan juga berziarah ke Masjid Syaidini Husain dan Masjid Syaidah Zainab cucu Rasulullah Nabi Muhammad SAW. Lalu ke Masjid Sultan Al Hasan, yang dikenal dengan masjid 4 Mazhab (Hanafi, Hambali, Syafii, Maliki) dan Masjid Sultan Al Rivai yang dibangun di era dinasti mamluk yang dikenal sebagai masjid kembar.

 

Redaksi
Redaksi Sabtu, 15 Juni 2024 08:21
Komentar