Logo Header

60 Dokter Paru Akan Melaksanakan Baksos Kesehatan di Kepulauan Selayar

Rezki Johannir
Rezki Johannir Sabtu, 17 Februari 2024 15:05
60 Dokter Paru Akan Melaksanakan Baksos Kesehatan di Kepulauan Selayar

WAJAHINDONESIA.CO.ID, KEPULAUAN SELAYARSetidaknya 60 Dokter Paru yang tergabung dalam PDPI (Perhimpunan Dokter Paru Indonesia) Cabang Sulselbarra (Sulawesi Selatan, Barat dan Tenggara) akan melaksanakan pengabdian pada masyarakat berupa Bhakti Sosial (Baksos) Kesehatan di Kabupaten Kepulauan Selayar. Rencana baksos ini akan dilaksanakan sesudah Lebaran Idul Fitri Bulan April mendatang.

Hal itu terungkap pada rapat koordinasi terbatas dipimpin Wakil Bupati Kepulauan Selayar Saiful Arif di Ruang Rapim Kantor Bupati, Jumat (16-2) siang.
Kepada pewarta, Sabtu (17-2) pagi, Wakil Bupati, menyatakan, dalam audience kemarin, dari Pihak Pemkab, hadir Asisten I M. Yunan Krg. Tompobulu, Staf Ahli Bidang Kesra Mudzakkir Muin, Kepala Dinas Kesehatan dr. Husaini, Direktur RSUD K.H Hayyung dr. Hazairin Nur, didampingi dr. Misna, kabag Umpro didampingi staf, Isna, dan perwakilan pemerintah kec Benteng. Sedang Tim PDPI yang hadir terdiri dari Ketua, dr.Arif Santoso Sp.P (K), Ph.D, FAPSR. Bersama rombongannya, dr. hasan Nyambe Sp.P (K). M.Med.Ed., Dgjikanang., dr .Muh Hadir., dr. Diana Atuti., dan dr Atrian.

Rapat koordinasi Terbatas tersebut membahas jadwal, lokasi, akomodasi, jenis kegiatan, transportasi serta jumlah timnl dokter yang akan datang dan peserta Bakti Sosial yang diharapkan hadir dalam setiap kegiatan.

Sekaitan hal ini, wabup Saiful Arif mengarahkan agar pihak PDPI melengkapi tabel yang telah disusun agar lebih mudah ditindaklanjuti.

Salah satu tujuan Baksos adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat, khususnya di Kepulauan Selayar dan sekitarnya mengenai pentingnya menjaga kesehatan paru dengan mencegah penularan penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan penderita penyakit paru.

Lebih rinci disampaikan bahwa Kegiatan yang akan dilaksanakan di antaranya workshop kesehatan paru, ramah tamah, jalan sehat, senam paru sehat, Pemeriksaan Kesehatan Gratis (Spirometri + Cek CO Analyzer), Skrining dan deteksi dini kanker paru, penyuluhan kesehatan, dan seminar.

Wabup Saiful Arif menyatakan, baksos akan dilaksanakan Jumat – Sabtu pekan terakhir April atau pekan pertama Mei. Terkait Akomodasi, Wabup siap memberikan data hotel dan penginapan di Selayar. Pihak PDPI tinggal memilih sesuai dengan persiapan dana panitia.

Namun demikian, Pihak Pemda juga siap memfasilitasi rumah penduduk jika hal itu dibutuhkan, kunci Wabup Saiful Arif yang dimintai keterangannya di Rujab, Jumat (16-2) malam. (Humas IKP Diskominfo SP/-Mu’min)

Penulis : Rezki Johannir
Rezki Johannir
Rezki Johannir Sabtu, 17 Februari 2024 15:05
Komentar