Logo Header

Pembuktian Hamka B Kady di DPR, Ruas Jalan Gowa-Jeneponto hingga Bendungan Pamukkulu

Redaksi
Redaksi Senin, 29 Januari 2024 22:30
Pembuktian Hamka B Kady di DPR, Ruas Jalan Gowa-Jeneponto hingga Bendungan Pamukkulu

WAJAHINDONESIA.CO.ID, GOWA — Hampir satu dekade duduk di DPR RI, Hamka B Kady tak lagi mengumbar janji kosong. Pembuktiannya sebagai legislator mewakili Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan (Sulsel) I terpampang jelas dan telah banyak dirasakan masyarakat.

Misalnya perbaikan dan pelebaran jalan nasional Sungguminasa-Takalar-Jeneponto. Proyek sepanjang 80 kilometer yang menggunakan dana APBN sekitar Rp 227 miliar ini ditargetkan rampung pada tahun 2024.

Proyek ini bisa direalisasikan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) XIII Makassar Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) berkat dorongan kuat Anggota Komisi V DPR RI Hamka B Kady di Parlemen, Senayan, Jakarta.

“Itu bukan proyeknya pemerintah daerah tapi pusat. Saya yang perintahkan Menteri PUPR untuk mengerjakan itu,” kata Hamka saat menggelar pertemuan tatap muka bersama warga di Baturappe, Kecamatan Biringbulu, Kabupaten Gowa, Minggu, 28 Januari 2024.

Selain itu, adapula Bendungan Pamukkulu yang dibangun di bagian hulu Sungai Pappa Takalar.

Pembangunan Bendungan Pamukkulu Takalar merupakan hasil aspirasi dan perjuangan Hamka B Kady di DPR sehingga bisa terlaksana.

“Rintisan proyek ini sejak 2014, ini janji saya saat pertama kali terpilih menjadi Anggota DPR adalah menyelesaikan bendungan Pamukkulu, Kabupaten Takalar,” ungkap politisi senior Partai Golkar itu.

Proyek Bendungan Pamukkulu Takalar dibangun sejak 15 November 2017.

Hamka B Kady menyatakan kala itu pembebasan lahannya menemui hambatan cukup rumit.

Persoalan itu akhirnya menemui titik temu dan solusi mengingat manfaat bendungan ini untuk kemaslahatan rakyat Takalar maupun Gowa.

Tujuan utama bendungan ini harus dibangun untuk meningkatkan keberlangsungan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulsel sebagai lumbung pangan nasional.

“Bendungan ini Insya Allah akan diresmikan Presiden Jokowi sebelum berakhir masa jabatannya,” bebernya.

Bendungan Pamukkulu menelan anggaran mencapai Rp 1,6 triliun.

“Sejak periode pertama saya duduk di DPR, saya berkomitmen bagaimana caranya Takalar punya bendungan sendiri, punya sumber air sendiri sehingga tidak tergantung dengan Gowa,” jelasnya. (*)

Redaksi
Redaksi Senin, 29 Januari 2024 22:30
Komentar