Logo Header

Sekretariat DPRD Makassar Dorong Pemberdayaan Pemuda Perlu Ditingkatkan

Redaksi
Redaksi Rabu, 13 Desember 2023 22:14
Sekretariat DPRD Makassar Dorong Pemberdayaan Pemuda Perlu Ditingkatkan

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Sekretariat DPRD Kota Makassar menggelar sosialisasi penyebarluasan peraturan daerah (Perda) nomor 6 tahun 2019 tentang Kepemudaan.

Kegiatan penyebarluasan peraturan perundang-undangan angkatan ke XX tersebut diselenggarakan di Hotel Whiz Prime Sudirman Makassar, Rabu 13 Desember 2023.

Dalam sosialisasi Perda tersebut menghadirkan narasumber diantaranya, Amiruddin Umasugi, Zainuddin Djaka dan Syarifuddin.

Amiruddin mengatakan angka kekerasan, keamanan dan ketertiban ditengah masyarakat akhir-akhir ini terbilang cukup meningkat. Bahkan, banyak melibatkan kalangan pemuda.

Seperti contoh, kata dia, kasus perang antar-kelompok dan kurang tertibnya para pemuda di jalanan yang ugal-ugalan sehingga menyebabkan masyarakat merasa terganggu.

“Akhir-akhir ini marak kegiatan anak muda yang menggangu keamanan dan ketenteraman kota Makassar, masyarakat dan di jalanan, seharusnya tidak perlu ada hal seperti itu,” ujarnya.

Maka dari itu, ia mengungkapkan pemerintah kota Makassar bersama legislatif telah melahirkan undang-undang yang diatur dalam Perda untuk mengatur anak muda ke arah yang positif.

“Dengan adanya Perda ini, maka semua kebutuhan dan pengembangan terkait Kepemudaan ada di dalamnya, mulai dari pemberdayaan hingga pelatihan yang harus ditingkatkan,” ungkapnya.

Sementara itu, Zainuddin Djaka menerangkan bahwa Pemerintah bertanggung jawab dalam hal pengajaran dan pemberdayaan pemuda untuk menciptakan dampak positif ke masyarakat.

Menurutnya, ada beberapa inovasi dan wadah kepada pemuda yang sifat mulanya bernuansa negatif, kemudian mengubah ke hal-hal positif dengan membentuk karakter pemuda di bidang olahraga dan bakat.

“Di Kota Makassar sekarang ada kegiatan pemuda peduli umat, bagaimana merubah mainset masyarakat untuk berbagi. Dan ada juga Maccis care untuk peduli terhadap sesama,” ujarnya.

Disamping itu, Syarifuddin menyampaikan peran pemuda sejak dulu sudah terbilang sangat besar kepada bangsa, di mulai tahun 1908, 1928 hingga era reformasi saat ini yang dimotori oleh pemuda.

Karena menurutnya, proses pembangunan bagi kepemudaan secara umum adalah bagaimana seorang pemuda mampu bertanggungjawab dan punya jiwa kepemimpinan.

“Kita perlu ketahui bahwa pemuda yang ada dalam Perda ini ataupun ada dalam rancangan besar dari pemerintah founding father kita yaitu pemuda yang punya keberanian dan mengambil keputusan,” jelasnya. (*)

Redaksi
Redaksi Rabu, 13 Desember 2023 22:14
Komentar