Logo Header

Muchlis Misbah Minta Warga Manfaatkan Ruang Terbuka Hijau untuk Ciptakan Ekologis Nyaman

Redaksi
Redaksi Minggu, 10 Desember 2023 13:29
Muchlis Misbah Minta Warga Manfaatkan Ruang Terbuka Hijau untuk Ciptakan Ekologis Nyaman

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah mengakhiri agenda sosialisasi penyebarluasan peraturan perundang-undangan angkatan ke XXIII.

Kegiatan penyebarluasan ini mengangkat tentang Perda nomor 3 tahun 2014 tentang Penataan dan Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH) di Hotel Grand Imawan Makassar, Minggu (10/12/2023).

Muchlis Misbah mengaku di dalam perda tersebut juga memiliki banyak ide-ide yang harus dibangun bahkan bisa direvisi untuk menambah poin penting didalamnya.

“Contoh misalnya, masih banyaknya lahan di pesisir sungai itu kita bisa tanami mangrove, untuk menjadikan ruang terbuka hijau. Begitu pula yang ada di pinggir-pinggir kanal,” ujarnya.

“Ini kita bisa manfaatkan untuk menambah pundi-pundi ruang terbuka hijau untuk Kota Makassar. Jadi untuk apa revisi perda RTH ini, yah ini untuk menambah tersedianya ruang terbuka hijau,” tambahnya.

Apalagi saat ini, Pemerintah Kota dan DPRD Makassar sedang membahas mengenai Ranperda fasum-fasos.

“Itu bagian daripada untuk meningkatkan RTH yang ada di Kota Makassar terus, untuk mendapatkan ruang terbuka hijau, karena kebutuhan oksigen sebenarnya juga ada di laut untuk memberikan kontribusi oksigen di udara,” tuturnya.

Kabid Keanekaragaman Hayati DLH Kota Makassar, Azhar Anwar menjelaskan adanya penataan RTH di Makassar juga bertujuan untuk mempertahankan keseimbangan antara daerah yang terbangun dan daerah yang tidak terbangun.

“Kemudian juga menjaga keseimbangan ekologis dan berkelanjutan dari pencemar air, tanah dan udara. Meningkatkan kualitas lingkungan perkotaan yang sehat, indah, bersih, aman dan nyaman,” jelasnya.

Ditempat sama, Dr Makmun dari Dinas Tata Ruang Kota Makassar menyampaikan adanya aturan dan regulasi soal RTH ini bisa menjadi wahana interaksi sosial bagi masyarakat.

Olehnya itu, dirinya mengajak kepada warga agar selalu menjaga dalam pemanfaatan ruang terbuka hijau juga dapat menciptakan suasana teduh dan udara yang bersih.

“Karena tanpa adanya ruang yang terbuka untuk berinteraksi, bertukar pikiran, sosial budaya, maka masyarakat tidak mampu berinteraksi dan tidak mau bekerja sama antar sesamanya,” pungkasnya.

Redaksi
Redaksi Minggu, 10 Desember 2023 13:29
Komentar