Logo Header

Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Pembinaan Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Puskesmas Bajeng

Redaksi
Redaksi Rabu, 08 November 2023 21:41
Fakultas Keperawatan Unhas Gelar Pembinaan Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis di Puskesmas Bajeng

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Fakultas Keperawatan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar menggelar Pembinaan Klub Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Pronalis) di Aula Pertemuan Puskesmas Bajeng, Kabupaten Gowa, Rabu (8/11/2023).

Kegiatan itu dihadiri sebanyak 60 orang yang terbagi menjadi 10 kelompok coaching dan didampingi oleh fasilitator disetiap kelompoknya yang melibatkan staf Puskesmas Bajeng.

Ketua Tim Fakultas Keperawatan Unhas, Dr. Andina Setyawati S.Kep.Ns.,M.Kep mengungkapkan program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) di Puskesmas kembali mengukuhkan diri sebagai penyeimbang kualitas kesehatan.

“Program ini yang mencakup kegiatan olahraga dan edukasi tentang pengelolaan penyakit kronis seperti Diabetes Melitus, memiliki potensi besar dalam mengurangi beban penyakit yang semakin meningkat,” katanya.

Menurut data dari Riskesdas, kata dia,

prevalensi Diabetes Melitus di Indonesia telah meningkat signifikan, mencapai 10,9 persen pada tahun 2018, dengan mayoritas kasus terjadi pada lansia.

Kendati demikian, perlu adanya terobosan dalam memberikan intervensi untuk menekan kondisi ini.

“Olehnya itu pelaksanaan deteksi dini menjadi penting serta pemberian edukasi dalam manajemen diabetes mellitus melalui pembinaan klub prolanis dengan metode group coaching,” katanya.

Kegiatan ini digelar adanya dukungan hibah pemberdayaan kemitraan masyarakat Kemdikbudristek tahun 2023.

“Kegiatan dilaksanakan diawali pemeriksaan tekanan darah dan pengenalan grup coaching untuk penderita Diabetes Melitus,” bebernya.

Selanjutnya para peserta bertemu dengan fasilitator kelompok masing-masing untuk saling berkenalan, membuat jadwal coaching dan metode tentang coaching.

“Harapannya Para fasilitator dan peserta bersama-sama untuk memecahkan masalah tersebut dengan menemukan alternatif pemecahan masalah,” tandasnya.

Redaksi
Redaksi Rabu, 08 November 2023 21:41
Komentar