Logo Header

DPD KNPI Selayar Mendorong Keterlibatan Pemuda Dalam Kontestasi Pemilu 2024

Akbar Putra
Akbar Putra Senin, 16 Oktober 2023 23:22
DPD KNPI Selayar Mendorong Keterlibatan Pemuda Dalam Kontestasi Pemilu 2024

WAJAHINDONESIA.CO.ID,KEPULAUAN SELAYAR – Pemuda memiliki peran penting dalam mengawal proses demokrasi, terutama dalam menghadapi Pemilihan Umum tahun depan. Eksistensi kaum muda amat dibutuhkan dalam menjaga kondusifitas kontestasi lima tahunan tersebut.

Pesan itu disampaikan Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kepulauan Selayar, Akbar Putra dalam diskusi santai terkait Pemilu di Benteng, Kepulauan Selayar. (16/10)

Abba-sapaanya, memaparkan bahwa KNPI mendorong para pemuda untuk mengawal proses demokrasi sejalan dengan program KNPI skala nasional. “Dalam konteks regenerasi kepemimpinan nasional, pemuda punya peran vital. Pemilu menjadi semacam ‘sekolah’ bagi mereka untuk berdemokrasi. Dan ini sejalan dengan program kita di KNPI yang ditegaskan oleh Ketua Umum KNPI” jelas dia.

Maka dari itu, dia meminta semua pihak yang terlibat dalam kontestasi pemilu 2024 dapat dengan bijak dan dewasa menyikapi proses dan hasil pemilu 2024.

Menurut Abba, publik termasuk kaum muda di dalamnya, akan melihat bagaimana para elite politik bersikap dalam Pemilu 2024. Apakah mereka mempertontonkan politik santun dan beretika, atau malah sebaliknya.

“Ini penting karena para elite adalah teladan bagi kaum muda. Siapa penerus mereka? ya kami-kami ini,” tegas dia.

“Kalaupun ada sengketa biarkan diselesaikan melalui jalur Mahkama Konstitusi, agar proses pesta demokrasi dapat berjalan secara konstitusional,” kata dia.

Abba berharap peran pemuda untuk mempersuasi dua belah pihak agar bisa rekonsiliasi demi tercapainya persatuan bangsa.

“Sehingga jalannya pemerintahan dan agenda pembangunan nasional dapat berjalan untuk mewujudkan sebesar-besarnya kemakmuran bagi seluruh rakyat Indonesia,” Tutupnya.

Akbar Putra
Akbar Putra Senin, 16 Oktober 2023 23:22
Komentar