Logo Header

Dorong Mahasiswa Melek Krisis Iklim dan Pangan, Fakultas Pertanian Unhas Kolaborasi SCF Gelar Estungkara

Redaksi
Redaksi Kamis, 12 Oktober 2023 09:13
Dorong Mahasiswa Melek Krisis Iklim dan Pangan, Fakultas Pertanian Unhas Kolaborasi SCF Gelar Estungkara

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR Sulawesi Community Foundation (SCF) berkolaborasi dengan Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin (Unhas) untuk menggelar program Estungkara Road to Campus bertajuk “Krisis Iklim dan Ketahanan Pangan Masyarakat Adat”.

Program ESTUNGKARA merupakan salah satu program kampus merdeka yang ditawarkan oleh SCF, yang kemudian difalisitasi Fakultas Pertanian Universitas Hasanuddin.

Kegiatan ini laksanakan di Aula Fakultas Pertanian UNHAS, Tamalanrea, Kota Makassar, Senin (9/10/2023) lalu.

Kegiatan ini dihadiri oleh dekan Fakultas Pertanian Unhas, akademisi, dan juga mahasiswa dari jurusan yang berbeda. Dan ada empat narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan ini, tiga diantaranya merupakan akademisi Universitas Hasanuddin.

Yaitu Dorothea Agnes Rampisela, Muhammad Alif, dan Meta Mahendradatta, dan narasumber terakhir bernama Sabila, seorang Perempuan Adat Kaluppini Enrekang.

Muhammad Arif, mahasiswa Fakultas Pertanian Unhas yang juga merupakan moderator pada kegiatan tersebut, mengungkapkan ancaman perubahan iklim yang tidak menentu dapat memberi impact terhadap ketersediaan pangan.

“Ketersediaan pangan ini harus diperhatikan dengan baik, karena jika tidak baik, pangan yang dihadirkan tidak sehat, itu akan berakibat besar pada regenerasi nantinya”, ucapnya.

Dia juga menyampaikan harapannya terhadap mahasiswa dan masyarakat, agar lebih peduli dengan krisis iklim dan ketersediaan pangan.

“Melalui program Estungkara ini, yang fokusnya adalah kepada pemberdayaan masyarakat. Saya berharap mahasiswa bisa lebih melek terhadap persoalan yang hadir, utamanya pada masyarakat yang termarjinalkan seperti masyarakat adat, yang notabenenya minoritas di Indonesia”, pungkasnya.

Citizen reporter: Rahmat Ramadhan, mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi UIN Alauddin Makassar

Redaksi
Redaksi Kamis, 12 Oktober 2023 09:13
Komentar