Logo Header

Berjuang Sampai Malam, 3 Titik Karhutla di Selayar Berhasil Dipadamkan oleh Tim Gabungan Kodim dan Damkar

Rezki Johannir
Rezki Johannir Minggu, 01 Oktober 2023 03:49
Berjuang Sampai Malam, 3 Titik Karhutla di Selayar Berhasil Dipadamkan oleh Tim Gabungan Kodim dan Damkar

WAJAHINDONESIA.CO.ID, KEPULAUAN SELAYARKebakaran Hutan dan Lahan Kembali terjadi di wilayah Kabupaten Kepulauan Selayar pada Jum’at siang (29/9/23). karhutla yang terjadi di 3 (Tiga) titik yang berbeda ini menyebabkan tim pemadam yang terdiri dari Anggota Kodim 1415/Selayar dan Damkar Kepulauan Selayar bersama Dinas kehutanan sedikit kewalahan.

Adapun wilayah yang dilanda Karhutla diantaranya dusun Kanawe Desa Appatanah dan Dusun Padangoge Desa Laiyolo yang berada di Kecamatan Bontosikuyu dan Dusun Maharayya Desa Buki yang berada di Kecamatan Buki.

Dandim 1415/Selayar Letkol Inf Nanang Agung wibowo mengatakan bahwa pihaknya mendapatkan informasi tentang kebakaran di wilayah binaan teritorialnya dan Sebagai respon, pihaknya memerintahkan Koramil jajaran yang wilayahnya terjadi Karhutla untuk mendatangi lokasi dan membantu Damkar untuk memadamkan api.

“Anggota Babinsa kami sudah berada di lokasi sejak siang, dan baru meninggalkan lokasi setelah api sudah betul-betul padam dan sudah tidak ada titik-titik api yang bisa saja mengakibatkan kebakaran susulan “ ucap Dandim.

Dalam penanganan kebakaran ini, terpantau salah satu titik karhutla yakni di wilayah Dusun Maharayya Desa Buki, pemadaman dipimpin langsung oleh Danramil 04/Bontomatene Mayor Inf Muhammad Basir bersama anggota Koramil, Damkar, dan dibantu masyarakat setempat.

Kebun milik bapak Drs. Ahmad Yani (Kadis kominfo kab. kepulauan Selayar) dengan luas sekitar dua hektare ini baru berhasil dipadamkan pada pukul 21.30 WITA.

Danramil mengungkapakn bahwa untuk memadamkan api, semuanya harus turun ke lapangan untuk membantu karna ini merupakan tanggung jawab kita bersama.

“ini adalah wilayah teritorial kami, jadi sebagai bentuk tanggung jawab kami sebagai Danramil harus turun langsung ke lapangan bersama anggota untuk memadamkan api“ ucapnya.

Setelah seluruh titik-titik api berhasil dipadamkan dan dinyatakan aman, Danramil mengumpulkan tim pemadaman dan mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya baik itu dari TNI, Damkar, dan masyarakat yang dari siang hingga malam berjibaku dengan si jago merah.

Penulis : Rezki Johannir
Rezki Johannir
Rezki Johannir Minggu, 01 Oktober 2023 03:49
Komentar