Logo Header

Polri Peduli Budaya Literasi, Polres Selayar Berikan Bantuan Al Qur’an dan Buku-buku Agama Ke Pondok Pesantren

Rezki Johannir
Rezki Johannir Rabu, 06 September 2023 21:42
Polri Peduli Budaya Literasi, Polres Selayar Berikan Bantuan Al Qur’an dan Buku-buku Agama Ke Pondok Pesantren

WAJAHINDONESIA.CO.ID, KEPULAUAN SELAYARPolres Kepulauan Selayar melaksanakan kegiatan Sosial-Keagamaan sebagai tindak lanjut dari Program “Polri Peduli Budaya Literasi” dengan memberikan bantuan berupa puluhan Paket Al Qur’an serta buku-buku Agama ke Pondok Pesantren.

Dipimpin langsung oleh Kapolres AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.,S.IK.,MM.,M.IK., Penyerahan bantuan tersebut diserahkan untuk dua Pondok Pesantren yakni Ponpes Hidayatullah dan Ponpes Tahfizhul Qur’an Al-Wahdah, hari ini Rabu, (06/09).

Terpantau turut serta dalam kunjungan ini Kabag SDM AKP. Sahyudin, S.Sos, MH, Kasat Binmas AKP. Irwan Effendy, S.Sos, Kasat Polair Hendra Suryanto, S.Sos, KBO Sat Binmas Ipda Muh Basri Alias, bersama beberapa Anggota Polres lainnya.

Disela-sela kunjungannya, Kapolres mengungkapkan bahwa kegiatan tersebut merupakan implementasi dari Program Nasional Kepolisian yaitu “Polri Peduli Literasi”. Sehingga diharapkan dengan pembagian Al Qur’an dan buku-buku agama tersebut dapat dimanfaatkan serta mendorong minat baca, khususnya bagi generasi muda.

” Jadi ini bantuan dari teman-teman Anggota Polres Kepulauan Selayar, kita harapkan dapat bermanfaat tentunya. Jangan hanya disimpan di lemari, tapi kita harapkan dibaca dan diamalkan, sehingga dapat dirasakan manfaatnya untuk membuat generasi kita lebih berkualitas dan menjadi Generasi Qurani ” kata AKBP. Ujang Darmawan.

Dalam kunjungan pertama ke Pondok Pesantren Hidayatullah yang beralamat di Kampung Bonto Katimbang Dusun Cinimabela Desa Parak Kec. Bontomanai kab. Kep. Selayar, rombongan Kapolres diterima langsung oleh Pengasuh Pondok Ust. Hanif dan Puluhan Santri.

“Ucapan terima kasih tentu kami sampaikan kepada Bapak Kapolres dan Jajaran, atas bantuan sejumlah Al-Quran dan buku pelajaran agama. Insha Allah ini akan sangat bermanfaat bagi Yayasan dan para santri, kebetulan,Al-Quran dan buku pelajaran agama sangat dibutuhkan di pondok ini. Semoga dapat menjadi amal jariyah bagi semua” kata Ustd. Hanif.

Usai berkunjung di Pondok Pesantren Hidayatullah, kegiatan dilanjutkan dengan mengunjungi Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Al Wahdah yang berlokasi di Kampung Pattingaloang Desa Parak Kec. Bontomanai kab. Kep. Selayar. Pengelola Ponpes maupun Santri juga terlihat antusias atas kunjungan dan pemberian bantuan Al Qur’an dan buku-buku Agama tersebut.

Kabag Sumda Polres Kepulauan Selayar AKP. Sahyudin, S.Sos, MH menjelaskan bahwa ada 45 Buah Al Qur’an yang diserahkan, ditambah ratusan buku-buku berupa Juz Amma, Buku Iqra, Buku-buku serta Majalah Islami.

“Di Pondok Pesantren Hidayatullah Kepulauan Selayar sebanyak 15 buah Al-Qur’an, 10 buah Buku Juz amma, Iqra’ 10 buah, 20 buah Buku-buku serta Majalah Islami, sedangkan di ondok Pesantren Tahfizhul Qur’an Al-Wahdah sebanyak 30 buah Al-Qur’an, 20 buah Majalah Islami, serta buku-buku lainnya ” kata AKP. Sahyuddin.

Ia menuturkan bahwa Al Qur’an dan buku-buku Agama tersebut merupakan partisipasi dari Personil Polres Kepulauan Selayar yang dilakukan secara sukarela.

” Jadi ini merupakan sumbangan dari Anggota, ada yang menyumbang dalam bentuk Al Qur’an dan Buku-buku secara langsung, ada juga yang menyumbang berupa uang yang kemudian kami kumpulkan dan kami belanjakan dengan membeli Kitab Suci Al Qur’an” jelasnya.

Diketahui, untuk mencapai kedua lokasi Pondok pesantren tersebut, Kapolres Kepulauan Selayar bersama rombongan harus menempuh perjalanan hingga ke Pelosok. Menurut Kabag Sumda AKP Sahyudin, hal ini sesuai dengan arahan Pimpinan Polri agar budaya Literasi ini merata di Seluruh Indonesia hingga ke Pelosok Negeri.

(Humas Polres Kepulauan Selayar)

Penulis : Rezki Johannir
Rezki Johannir
Rezki Johannir Rabu, 06 September 2023 21:42
Komentar