Logo Header

Soal Dugaan Kampung Duri Paleteang Jadi Sarang Narkoba, Kapolres Pinrang: Saya Sikat Jika Terbukti

Redaksi
Redaksi Sabtu, 05 Agustus 2023 18:44
Soal Dugaan Kampung Duri Paleteang Jadi Sarang Narkoba, Kapolres Pinrang: Saya Sikat Jika Terbukti

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Kapolres Pinrang AKBP Andiko Wicaksono merespons dugaan adanya sarang narkoba di salah satu perkampungan di Pinrang, yakni Kampung Duri Paleteang. Andiko menegaskan akan bertindak tegas jika menemukan bukti-bukti terkait hal itu.

“Saya komitmen ya. Kalau ada bukti bahwa memang ada peredaran narkoba di daerah itu (Duri Paleteang) akan saya sikat,” tegas Andiko saat dikonfirmasi, Sabtu (5/8/2023).

Menurut Andiko, dalam penanganan kasus-kasus narkoba, harus dilakukan dengan cermat. Tidak bisa hanya didasarkan tuduhan. Kata Andiko, harus ada bukti bahwa memang terjadi aktivitas peredaran narkoba di sana.

“Jadi tidak bisa asal katanya katanya saja. Katanya ini, katanya itu. Nda bisa. Harus ada bukti. Kalau ada ya kita sikat,” ujarnya.

Andiko mengatakan, soal persepsi kampung narkoba tidak bisa disematkan begitu saja pada Kampung Duri Paleteang. Karena persepsi ini sifatnya subjektif. Andiko menyebut belum ada bukti ke arah itu.

“Jangan sampai itu hanya tuduhan tuduhan saja. Tapi kalau ada masyarakat bisa menunjukkan bukti bahwa di sana ada peredaran narkoba, ayo tunjukkan ke kami. Kami pasti tindak lanjuti. Sekali lagi jangan hanya katanya katanya,” ketus Andiko.

Sebelumnya diberitakan bahwa sebuah perkampungan di Kabupaten Pinrang, bernama Kampung Duri Paleteang diduga menjadi sarang peredaran narkoba. Ironisnya, perkampungan ini nyaris tak pernah tersentuh aparat.

Salah seorang warga mengungkapkan, Kampung Duri Paleteang telah lama dikenal sebagai kampung peredaran narkoba. Perkampungan ini diduga dihuni banyak pengedar dan bandar.

“Sudah lama dikenal sarang narkoba di sana. Tapi herannya tidak pernah tersentuh petugas,” ujar seorang warga.

Warga di sekitar Kampung Duri Paleteang mengatakan, di perkampungan tersebut ada bandar bernama D. Namanya sudah dikenal luas. Hanya saja sampai sekarang ia tak pernah tersentuh petugas.

D diduga mengendalikan peredaran narkoba di Kampung Duri Paleteang. Kabarnya, D memiliki jaringan hingga ke Kalimantan. Ia diduga terlibat langsung dalam memasok barang haram itu.

“Kalau yang nama D itu memang sudah terkenal. Biar polisi juga sudah tahu itu. Dia bandar di sana,” terang warga.

Warga berharap dengan pergantian Kapolres, peredaran narkoba di Kampung Duri Paleteang bisa segera diberantas.

Seperti diketahui baru baru ini jabatan Kapolres Pinrang berganti. AKBP Andiko Wicaksono yang sebelumnya menjabat selaku Kepala Kepolisian Resort Kota Parepare resmi menggantikan AKBP Santiaji Kartasasmita. Masuknya Andiko diharapkan bisa memberi prioritas untuk memberangus peredaran narkoba di Pinrang.

“Masyarakat menaruh harapan besar kepada Kapolres yang baru agar memantau aktivitas di kampung Duri Paleteang. Kami khawatir kalau tidak ada tindakan dari aparat narkoba akan semakin merajalela di sana,” pinta salah seorang warga lainnya.

Redaksi
Redaksi Sabtu, 05 Agustus 2023 18:44
Komentar