Logo Header

Plt Camat Makassar Andalkan Program BEKAL Atasi Masalah Drainase

Redaksi
Redaksi Senin, 17 Juli 2023 11:39
Plt Camat Makassar Andalkan Program BEKAL Atasi Masalah Drainase

MAKASSAR – Program yang diberi nama BEKAL atau Bersih-Bersih Kanal terus berlanjut di Kota Makassar. Giliran Kanal Maradekaya yang menjadi lokasi kegiatan tersebut.

Plt Camat Makassar, Harun Rani, didampingi oleh Plt. Kasi Kebersihan, Akhmad Rijal, bersama pengawas, satgas kebersihan, dan warga masyarakat turut berpartisipasi dalam membersihkan kanal yang terletak di Kelurahan Maradekaya, Kecamatan Makassar, Sabtu (17/07/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Harun Rani menyampaikan bahwa program ini telah menjadi jadwal rutin bergilir yang dilaksanakan setiap hari Sabtu untuk kelurahan yang dilalui oleh kanal tersebut. Tujuan utama program ini adalah menjaga kebersihan dan keindahan kanal yang merupakan salah satu sumber daya alam kota yang penting.

“Program ini menjadi jadwal rutin bergiliran setiap hari Sabtu untuk kelurahan yang dilalui kanal untuk kita bersihkan. Kami berharap dengan adanya program ini, kesadaran masyarakat terhadap pentingnya menjaga kebersihan kanal semakin meningkat. Selain itu, kanal yang bersih juga akan berkontribusi positif terhadap kesehatan lingkungan dan mengurangi risiko banjir,” ujarnya.

Kanal Maradekaya memiliki peran yang vital dalam sistem drainase Kota Makassar. Namun, selama beberapa waktu terakhir, kanal ini mengalami penurunan kualitas akibat penumpukan sampah dan limbah. Oleh karena itu, melalui program BEKAL, pemerintah setempat berupaya untuk merestorasi dan menjaga kebersihan kanal tersebut.

Pengawas, satgas kebersihan, dan warga masyarakat bekerja sama dalam kegiatan pembersihan kanal ini. Mereka membersihkan sampah-sampah yang menumpuk di sekitar kanal, termasuk plastik, daun, dan material lain yang dapat menghambat aliran air. Selain itu, mereka juga melakukan pengecekan terhadap kondisi fisik kanal serta memastikan tidak ada hambatan lain yang dapat mengganggu aliran air.

Harun Rani berharap partisipasi aktif dari masyarakat dalam menjaga kebersihan kanal ini akan terus berlanjut. Melalui kerjasama antara pemerintah dan masyarakat, diharapkan kanal Maradekaya dan kanal-kanal lainnya di Kota Makassar dapat terjaga kebersihannya dengan baik.

Selain itu, program ini juga menjadi sarana untuk memperkuat kerja sama antara pemerintah daerah, pengawas kebersihan, satgas kebersihan, dan masyarakat dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan serta mengurangi dampak negatif yang disebabkan oleh penumpukan sampah di kanal-kanal kota.

Dengan upaya yang berkelanjutan, diharapkan kanal Maradekaya dan kanal-kandal lainnya dapat terus menjadi contoh nyata keberhasilan dalam menjaga kebersihan kanal dan keindahan lingkungan. (*)

Redaksi
Redaksi Senin, 17 Juli 2023 11:39
Komentar