Logo Header

Ujian Sekolah SMP Islam Athirah Bukit Baruga Gunakan Aplikasi SIMDIK

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 10 April 2023 18:56
Siswa siswi SMP Islam Athirah Bukit Baruga laksanakan Ujian Sekolah dengan menggunakan aplikasi SIMDIK.
Siswa siswi SMP Islam Athirah Bukit Baruga laksanakan Ujian Sekolah dengan menggunakan aplikasi SIMDIK.

 

WAJAHINDONESIA.CO.ID,Makassar – Pada hari Senin, 10 April 2023 bertepatan dengan 19 Ramadhan 1444 H. SMP Islam Athirah Bukit Baruga melaksanakan Ujian Sekolah kelas IX tahun pelajaran 2022/2023 secara luring dengan menggunakan aplikasi Simdik.

Kegiatan UAS dimulai dari hari Senin-Jumat tanggal 10-14 April 2023. Sebanyak 105 peserta Ujian Akhir Sekolah dari lima kelas mulai kelas IX.1-IX.5 mengikuti Ujian Akhir Sekolah.

Berbeda dengan sekolah umum lainnya mata pelajaran Bahasa Asing termasuk salah satu mata pelajaran yang diujikan dari 8 mata pelajaran.

Adapun mata pelajaran bahasa Asing yang dimaksud adalah Bahasa Arab, Jepang, Perancis dan Jerman. Ke empat bahasa asing tersebut merupakan bahasa pilihan yang salahsatunya harus dikuasai oleh siswa SMP Islam Athirah Bukit Baruga sebelum mereka ditamatkan.

Materi yang diujikan setiap mata pelajaran meliputi materi kelas 7, 8 dan 9. Soal dibuat secara langsung oleh guru-guru mata pelajaran dengan melalui proses verifikasi dari tim LPMP Sekolah Islam Athirah.

Setiap Mata pelajaran diberikan waktu 120 menit untuk mengerjakan 40 butir soal pilihan ganda dengan menggunakan Aplikasi SiMDIK. Aplikasi ini merupakan Aplikasi yang digunakan dalam proses belajar mengajar oleh seluruh warga Sekolah Islam Athirah mulai dari pimpinan, tenaga pendidik dan kependidikan serta siswa-siswi SMP Islam Athirah mulai jenjang TK-SMA.

Ketua Panitia Ujian Sekolah Sir Asgar, S.Pd. I mengungkapkan bahwa, kami panitia UAS sangat terbantu dengan peserta ujian sekolah karena selama pelaksanaan UAS mereka memiliki integritas yang tinggi sehingga selama UAS tidak ditemukan kecurangan dan alhamdulillah ujian berlangsung aman dan tertib serta lancar.

Adapun jumlah panitia UAS ini berjumlah 13 orang dan 1 Proktor SIMDIK Sedangkan jumlah guru yang terhimpun dalam tim pembuat soal berjumlah 11 orang dan pengawas ujian 15 orang. Kepantian ini sudah terbentuk dan disepakati sejak Rapat Kerja SMP Islam Athirah di awal tahun pelajaran. Jadi semua kegiatan dibentuk dan dilaksanakan secara profesional bukan secara dadakan.

Hal menarik dan patut dicontoh oleh sekolah-sekolah lainnya khususnya sekolah yang ada di Makassar yaitu pada hari terakhir pelaksanaan UAS tepatnya Jumat, 14 April 2023 Siswa-siswi kelas IX SMP Islam Athirah melaksanakan kegiatan berbagi paket sembako dan ifthor.

Paket tersebut disebar di beberapa tempat di wilayah Antang. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk ikhtiar siswa-siswi kelas IX agar mereka bisa meraih nilai yang terbaik.

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 10 April 2023 18:56
Komentar