Logo Header

5 Tips Tetap Produktif Saat Puasa, Rajin Beribadah Salah Satunya Loh!

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Kamis, 06 April 2023 08:00
Dok. Istimewa
Dok. Istimewa

WAJAHINDONESIA.CO.ID, – Berpuasa bukan menjadi alasan untuk meninggalkan tanggung jawab pada pekerjaan karena badan lemas dan lapar.

Kuncinya adalah harus lebih cermat dalam memanfaatkan energi yang ada, dan mengatur ritme pekerjaan disesuaikan dengan kebiasaaan baru saat tubuh tidak menerima asupan makanan dan minuman sepanjang hari.

Beberapa tips agar kalian tidak malas-malasan dan tetap produktif di saat puasa;

1. Niat

Niat adalah nomor 1, karena ketika sudah memiliki niat untuk bekerja dengan semangat dan produktifitas yang tinggi, maka puasa tidak menjadi alasan untuk bermalas-malasan dalam bekerja.

2. Atur jam tidur

Ketika tidur malam, yang terbiasa tidur larut malam lebih baik menghindarinya selama bulan puasa ini. Cobalah tidur lebih awal karena akan bangun lebih awal dari bulan-bulan biasanya sehingga saat bekerja di siang hari tidak mengantuk dan lemas.

3. Isi jam istirahat dengan kegiatan positif

Di bulan puasa ini, manfaatkan jam istirahat makan siang dengan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan diri, misalnya berjalan-jalan di lingkungan sekitar, ngobrol hal-hal positif dengan teman-teman atau rekan sekantor , dan melihat video-video manfaat di youtube.

4. Rutin beribadah

Poin penting dari bulan puasa adalah ibadah yang rutin dan tidak bolong. Jika sebelumnya sulit untuk beribadah secara rutin, ini adalah bulan yang tepat untuk memperbaiki ritme beribadah. Terakhir, lakukan kegiatan ibadah dengan ikhlas dan senang hati.

5. Menjaga kesehatan tubuh

Sebagai pemilik tubuh, harus mengerti kapasitas tubuh sendiri. Hindari makanan yang tidak menyehatkan misalnya makanan gorengan dan minuman es yang berlebihan, hindari juga kegiatan yang tidak mendukung produktivitas dan bahkan menguras banyak stamina seperti olahraga berat. Jika badan sehat, maka pekerjaan apapun dapat dilalui dan dapat produktif secara maksimal.(*)

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Kamis, 06 April 2023 08:00
Komentar