Logo Header

Kesiapan Mudik Lebaran 2023, Kendaraan Logistik Akan Dibatasi

Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 04 April 2023 18:14
Kesiapan Mudik Lebaran 2023, Kendaraan Logistik Akan Dibatasi

WAJAHINDONESIA.CO.ID, JAKARTA – Komisi V DPR RI menggelar rapat kerja (Raker) dengan Menteri Perhubungan, Menteri PUPR, Kepala BMKG dan Kepala Basarnas. Agenda rapat kali ini membahas kesiapan mudik lebaran 2023.

Rapat dipimpin Ketua Komisi V Lasarus. Dalam raker, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan kendaraan logistik pada saat mudik lebaran akan dibatasi.

“Untuk kendaraan logistik juga kita batasi ya, pada dasarnya hari-hari tertentu nanti Dirjen Darat akan mengumumkan hari-hari apa saja yang tidak diperkenankan,” kata Budi dalam rapat di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (4/4/2023).

Budi menyebut ada dinamika terkait transportasi pengangkut air minuman yang minta tetap beroperasi. Meski demikian, kata dia, usai berkonsultasi dengan Presiden Joko Widodo hal tersebut masih dibolehkan dengan syarat.

“Memang ada dinamika berkaitan dengan mobil minuman, minta diperkenankan, tetapi pada saat saya melapor ke presiden boleh, tapi tidak boleh 3 sumbu. Nanti Korlantas berwenang untuk menghentikan pergerakan apabila dia menggunakan kendaraan yang besar,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Budi menyebut pemudik akan banyak melewati Tol Cipali. Beberapa skema arus lalu lintas sudah mulai dipersiapkan dari sekarang.

“Kalau di Cipali yang istimewa nanti jumlah pemudik banyak sekali sehingga beberapa rekayasa kalau lintas kita lakukan yang akan dijalankan oleh Kakorlantas dan memang kita sudah tetapkan ada one way, ada contra flow, kita menambah rest area, kita juga tambah petugas lapangan dan beberapa teknologi yang sudah dikembangkan oleh Jasa Marga,” ujar Budi.

“Agar mereka bisa memproyeksikan kapan mereka berangkat. Ganjil-genap akan kita pikirkan nanti, pada saat akhir, satu atau seminggu sebelumnya perlu ditetapkan atau tidak,” sambungnya.

Penulis : Rezki Johannir
Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 04 April 2023 18:14
Komentar