Logo Header

Intip Keseruan Ramadhan di Sekolah Islam Athirah Bone

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 03 April 2023 15:05
Siswa siswi Sekolah Islam Athirah Bone berkumpul dengan melaksanakan kelas tahfidz dan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah di Asrama Sekolah Islam Athirah Bone.
Siswa siswi Sekolah Islam Athirah Bone berkumpul dengan melaksanakan kelas tahfidz dan pelaksanaan shalat dhuha berjamaah di Asrama Sekolah Islam Athirah Bone.

WAJAHINDONESIA.CO.ID,BONEBulan Ramadhan adalah bulan penuh keberkahan yang sangat dinantikan oleh umat Islam. Setelah sebelas bulan bergelimang dosa, bulan Ramadhan menjadi ajang penyucian diri dengan mengoptimalkan ibadah dan melaksanakan berbagai macam kebajikan.

Lalu bagaimana Sekolah Islam Athirah Bone mengisi Ramadhan? Yuk kita intip keseruannya!

Setiap tahun, Sekolah Islam Athirah Bone menggelar momen beragam selama bulan Ramadhan. Termasuk tahun ini, berbagai aktifitas religius pun didesain untuk mendulang pahala di bulan nan suci.

Proses pembelajaran di pagi hari dimulai dengan kelas tahfidz dan pelaksanaan salat Dhuha. Setelah itu, siswa diarahkan untuk melakukan pembersihan area sekolah sebagai implementasi dari hadits Nabi Muhammad SAW tentang kebersihan yang merupakan bagian dari iman.

Setelah proses belajar mengajar yang berakhir pada pukul 11:45, seperti hari-hari di luar bulan Ramadhan, siswa diarahkan untuk qoilulah (salah satu sunnah nabi-istirahat sejenak) sebelum melaksanakan salat Dhuhur berjamaah.

Yang unik, ceramah agama yang biasanya dinikmati setelah salat Isya pada bulan Ramadhan, namun di Sekolah Islam Athirah, ceramah ini digelar setelah salat Dhuhur.

”Sengaja kami majukan jadwal ceramah selama Ramadhan. Agar seluruh guru karyawan bisa ikut mendengarkan. Selama ini, ceramah Ramadhan tidak sempat didengar oleh mereka karena semua kembali ke rumah masing-masing dan beribadah di masjid sekitar tempat tinggal mereka. Makanya kami berinisiatif agar ceramah Ramadhan dilaksanakan setelah salat Dhuhur berjamaah. Dan dirangkaikan dengan tadarrus bersama oleh seluruh warga Athirah Bone. Setelah salat Ashar berjamaah, siswa dan pembina asrama kembali melaksanakan tadarrus bersama hingga pukul 16:30 WITA”, jelas H. Haeruddin, Lc., Kepala Asrama Sekolah Islam Athirah Bone.

“Alhamdulillah tahun ini juga selama anak-anak di asrama, kami rutin mendatangkan penceramah dari luar. Jadwalnya Senin dan Kamis. Adapun pada hari-hari lainnya, (ceramah) dibawakan oleh guru-guru Alquran, PAI, Bahasa Arab, maupun pembina asrama Sekolah Islam Athirah Bone secara bergiliran.”, tambah Supriadi, S.Pd.I., selaku Wakil Kepala Asrama Sekolah Islam Athirah Bone.

Lebih lanjut, Supriadi, S.Pd.I., mengungkapkan bahwa selain kegiatan rutin tersebut, pada tanggal 6 hingga 10 April 2023 mendatang, akan digelar Semarak Ramadhan.

“Ya, anak-anak juga perlu kegiatan yang fun sebagai ajang refreshing. Jadi insya Allah pekan depan kami akan melaksanakan Semarak Ramadhan. Kegiatan ini memang bertujuan menyemarakkan suasana Ramadhan dengan berbagai event lomba.

Untuk cabang lombanya sudah dirapatkan oleh pengurus GAMAIS (Organisasi Keasramaan- Sekolah Islam Athirah Bone), nanti akan dikirimkan penanggung jawab lomba kepada wali kelas masing-masing.”

”Setiap hari, pelaksana salat tarwih pun digilir. Setiap kelas mengutus lima orang putra untuk menjadi imam salat tarwih dan salat witir di Masjid sekolah. Anak-anak kami dorong juga menjadi imam salat di luar Sekolah Islam Athirah Bone. Sebelum diterjunkan ke masyarakat, kami membuat pelatihan imam untuk mempersiapkan diri siswa.

Selain imam, siswa juga dilatih menjadi penceramah dan wajib keluar asrama. Kegiatan ini kami sebut sebagai Safari Ramadhan”, tambahnya.

Sekolah Islam Athirah Bone juga menggelar kegiatan sosial berupa pembagian paket sembako untuk masyarakat yang kurang mampu. Kegiatan ini dinamai MABBARAKKA yang merupakan akronim dari ‘Mari Berbagi Keberkahan Bersama Athirah Bone’.

Rencananya, kegiatan berbagi ini akan dilaksanakan pada tanggal 10 April 2023 mendatang.

Bagi pembaca yang ingin ikut berpartisipasi, silahkan menghubungi Penanggung Jawab kegiatan atas nama Andi Evi Jayanti, S.Pd., Gr.

Narahubung: 0852 42689339

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Senin, 03 April 2023 15:05
Komentar