Logo Header

Muchlis Misbah Dorong Pembentukan Karakter Generasi Qurani Lewat Pendidikan BTQ

Redaksi
Redaksi Rabu, 29 Maret 2023 16:23
Muchlis Misbah Dorong Pembentukan Karakter Generasi Qurani Lewat Pendidikan BTQ

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPRD Kota Makassar, Muchlis Misbah menilai pentingnya membaca Alquran, memahami, dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Hal ini menjadi dorongan baginya menggelar Sosialisasi Perda nomor 1 tahun 2012 tentang Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an, bertempat di Hotel Grand Maleo, Kota Makassar, Rabu (29/3/2023).

Dalam sosialisasi Perda tersebut juga menghadirkan dua narasumber yakni Dr Jumadi dan Arham Basri untuk membahas Pendidikan Baca Tulis Al-Qur’an.

“Tujuannya untuk upaya strategis membentuk generasi penerus qurani. Perda ini mampu menyelamatkan kita di dunia dan akhirat kalau kita lakukan. Selain dibaca, juga dipahami dengan membaca artinya, dan mengamalkannya,” jelas Muchlis.

Sebab, menurut Muchlis Misbah, pendidikan baca tulis Al-Qur’an sangat bertujuan sebagai pedoman hidup manusia dalam menjalankan kehidupan bermasyarakat yang lebih baik.

“Tapi tidak kalah penting bagaimana mengamalkan seluruh isi Al-Qur’an itu sendiri. Orang yang baca Alquran akan berkah hidupnya,” paparnya.

Sebagai landasan dasar dalam umat Islam, Al-Qur’an menurut Anggota Komisi B DPRD Makassar ini seyogyanya harus dipraktekkan serta bagaimana mempelajari dan memahami isi kandungannya agar bisa menjadi perisai setiap godaan dalam kehidupan.

Legislator Hanura Makassar ini juga berpesan untuk rajin berzikir, menyebut nama Allah, kalimat tauhid dan bersalawat kepada Baginda Rasulullah SAW.

“Rajin zikir terutama setelah salat subuh. Baca istigfar, kalimat tauhid, salawat masing-masing 100 kali. Dampaknya sangat positif bagi kehidupan,” lugasnya.

Ia juga meminta pemerintah kota Makassar memberi perhatian khusus terhadap guru mengaji. Salah satunya dengan menaikkan insentif mereka.

“Para guru mengaji diharapkan dapat perhatian khusus dari pemerintah kota. Saya mendorong insentif mereka dinaikkan,” tegasnya. (*)

Redaksi
Redaksi Rabu, 29 Maret 2023 16:23
Komentar