Logo Header

Anggota Polres Selayar Ikut Aksi Donor Darah PMI, Dr Misnah; Mereka Pendonor Aktif

Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 21 Maret 2023 13:23
Anggota Polres Selayar Ikut Aksi Donor Darah PMI, Dr Misnah; Mereka Pendonor Aktif

WAJAHINDONESIA.CO.ID, KEPULAUAN SELAYAR – Personel Polres Kepulauan Selayar mengikuti kegiatan donor darah yang dilaksanakan oleh PMI pada hari Selasa tanggal 21 Maret 2023, di Ruang UTDRS Rumah Sakit K.H.Hayyung.

dr Misnah,Mkes, SpPK (K) selaku Kepala Unit Transfusi Darah RSUD.K.H Hayyung mengatakan kegiatan donor darah ini sudah rutin dilakukan oleh PMI Kep.Selayar.

Pada pelaksanaan giat donor darah ini mendapat antusias yang tinggi dari anggota Polres Selayar, hal tersebut dibuktikan dari perolehan donasi darah yang meskipun belum mencapai target awal namun setidaknya sudah memenuhi stok sekitar 50 persen dari perkiraan.

“Ya, Kami atas nama UTDRS dan PMI kabupaten kepulauan Selayar menyampaikan banyak terima kasih atas dukungan dan partisipasi dari polres, Satpol PP dan beberapa pendonor sukarela dari berbagai instansi sehingga kami bisa menyediakan stok darah di bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi.”ucapnya

Dr Misnah melanjutkan, bahwa hari ini sudah ada anggota polisi yang mendonorkan darahnya sebanyak enam orang dan rata-rata dari mereka adalah pendonor darah aktif.

“Ini sebuah kesyukuran bagi kami karena memang polres sudah langganan dengan UTD RS. Rata-rata mereka pendonor aktif.” pungkasnya

Sementara itu Kapolres Kepulauan Selayar, AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH. S.IK.,M.M, M.IK. menyampaikan bahwa pihaknya memang berkomitmen untuk mendukung dan ikut aktif dalam kegiatan donor darah sebagai gerakan Kemanusiaan di Selayar.

” Kami sering melaksanakan kegiatan Donor darah sendiri di Polres, baik oleh Urkes Polres maupun kerjasama dengan PMI, Dinkes, RSUD dan pihak lain. Kami juga ikut dalam kegiatan Donor darah yang dilaksanakan berbagai Instansi dan stakeholder. Hari ini ada belasan Anggota yang kami tugaskan ke RSUD untuk ikut kegiatan tersebut” kata Kapolres.

Ia menjelaskan bahwa Personel Polres Kepulauan Selayar hampir seluruhnya pendonor aktif, kecuali yang memiliki riwayat penyakit atau secara medis tidak diizinkan untuk melakukan Donor darah.

” Jadi yang berangkat ke sana itu yang sudah bisa donor darah lagi, kan ada periodiknya tidak bisa donor darah setiap bulan, karena dalam beberapa bulan terakhir Anggota ikut dalam beberapa aksi serupa yang digelar di Selayar”, tambah Kapolres.

Ia berharap, komitmen Polres Kepulauan Selayar ini dapat memotivasi Masyarakat Kepulauan Selayar untuk turut menjadi pendonor darah.

” Setetes darah anda dapat menyelamatkan satu nyawa. Kan ada dalilnya itu di Al Qur’an, kalo tidak salah karena saya bukan Ustads di Surah Al Ma’idah yang artinya Barangsiapa yang memelihara kehidupan seorang manusia, maka seolah-olah dia telah memelihara kehidupan manusia semuanya.”. tutup Kapolres, Selasa (21/03).

(Humas Polres).

Penulis : Rezki Johannir
Rezki Johannir
Rezki Johannir Selasa, 21 Maret 2023 13:23
Komentar