Logo Header

Plt Kadinsos Makassar Bahas Fenomena Badut Jalanan di Stasiun Radio

Redaksi
Redaksi Jumat, 03 Maret 2023 20:12
Plt Kadinsos Makassar Bahas Fenomena Badut Jalanan di Stasiun Radio

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Plt Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Armin Paera, A.P., M.Si. menghadiri undangan Talk Show di Radio Smart, Jl. Cendrawasih No. 430, Kamis (02/03/2023).

Selain Plt. Kadis, turut pula menjadi narasumber pada acara talkshow tersebut Dosen Sosiologi Universitas Hasanuddin, Dr. Ria Renita Abbas, S.Sos, M.Si.

Dalam acara talk show yang bertajuk Fenomena Badut Jalanan di Kota Makassar tersebut, Plt. Kadis Sosial menyampaikan langkah serta upaya strategis yang telah dilakukan oleh Dinas Sosial Kota Makassar dalam hal penanganan badut jalanan yang juga beririsan dengan penanganan anjal dan gepeng di Kota Makassar.

Memaksimalkan penanganan tersebut, Dinsos telah membentuk Tim Reaksi Cepat (TRC) yang bekerja sama dengan jajaran Polrestabes Makassar dan Satuan Polisi Pamong Praja Kota Makassar.

Selain itu, Dinsos juga berfokus pada model pembinaan yang ditujukan untuk orang tua / keluarga dari badut jalanan maupun kepada badut jalanan itu sendiri pada Rumah Perlindungan dan Trauma Center (RPTC).

Untuk mendukung upaya tersebut, Dinsos telah menyebarluaskan informasi kepada seluruh Masyarakat Kota Makassar terkait Perda Kota Makassar No. 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis dan Pengamen di Kota Makassar serta Fatwa MUI Sulsel No. 1 Tahun 2021 tentang tindakan mengeksploitasi orang untuk mengemis dan memberi sesuatu kepada pengemis di jalanan adalah HARAM.

Sekadar informasi, dari hasil penjaringan yang telah dilakukan oleh TRC Saribattang yang dilaksanakan dari pertengahan Bulan Februari, telah terjaring sekitar 15 (lima belas) orang badut jalanan yang sebagian dari badut tersebut merupakan anak usia sekolah. (*)

Redaksi
Redaksi Jumat, 03 Maret 2023 20:12
Komentar