Logo Header

Masjid Terapung Bira Diresmikan, Pedagang dan Pengunjung Senang Bisa Sholat Tepat Waktu

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Minggu, 05 Februari 2023 12:04
Kawasan pedagang di sekitar Pantai Tanjung Bira Bulukumba.
Kawasan pedagang di sekitar Pantai Tanjung Bira Bulukumba.

WAJAHINDONESIA.CO.ID,BULUKUMBA — Melalui Bantuan Keuangan Daerah Provinsi kepada Kabupaten Bulukumba, Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman menghadirkan masjid yang representatif di Kawasan Wisata Tanjung Bira. Masjid dengan nama Thalhah Ubaidillah ini diresmikan Gubernur bersama Bupati Bulukumba, Andi Muchtar Ali Yusuf, Sabtu, 4 Februari 2023. Hadir turut meresmikan, Wakil Ketua Komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

Warga lokal maupun wisatawan menyampaikan rasa terima kasihnya atas rampungnya pembangunan masjid ini. Sebab, tidak perlu jauh lagi menuju masjid yang letaknya lebih jauh atau keluar pos pintu masuk kawasan ini.

Mereka pun berharap dapat semakin membuat wisatawan nyaman berkunjung menikmati wisata dan juga beribadah dengan tenang. Sehingga dapat meningkat kunjungan wisatawan, meningkatkan ekonomi utamanya UMKM.

Salah seorang pedagang, Ibu Maliang, setiap hari menjual barang campuran. Mengaku bahwa dekatnya masjid dengan tempatnya berdagang, tidak khawatir lagi akan terlambat beribadah.

“Sementara masjid yang di luar, saat salawat kita jalan, sampai di masjid sudah salat. Alhamdulillah di sini. Betul syukur, bisa salat tepat waktu. Terima kasih banyak kepada Pak Gubernur, ini nyaman. Justru Memang banyak pengunjung mengeluh kalau nda ada masjid,” kata Maliang.

Sementara itu, warga lainnya, Suparman mantan nelayan, berharap masjid ini ikut mendukung pariwisata Bira. Bentuk wisata yang dihadirkan dengan nuansa relegius semakin berkarakter.

“Mudah-mudahan bisa memajukan dan mendukung pariwisata Bira. Masjid ini bukan hanya dibangun, tetapi kami bisa dimakmurkan,” harapnya.

Sedangkan, pengunjung lainnya, Nurwaty menyebutkan, “Pengunjung di sini kalau tiba waktu sholat mereka bisa dekat ke masjid untuk melaksanakan sholat. Dengan dibangunnya masjid ini bisa bermanfaat bagi masyarakat termasuk pengunjung-pengunjung. Setiap jumat bagusnya ada pengajian,” ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Bulukumba mengapresiasi perhatian pembangunan fasilitas ini.

“Desain masjid ini minimalis modern yang juga menjadi kondisi modernisasi di Bulukumba, saat ini juga beberapa bangunan di Bulukumba itu minimalis, ini kita konekkan antara yang satu dengan yang lainnya,” jelas Kadis PUTR Bulukumba, Andi Zulkifli Indrajaya.

Pembangunan masjid 2 tingkat dengan daya tampung 250 jamaah ini, merupakan salah satu bagian dari Bantuan Keuangan Pemprov Sulsel TA 2022 untuk Kabupaten Bulukumba senilai Rp 19 Miliar.

“Memang kendala kita selama ini di sini. Khususnya wisatawan yang beragama Islam yang ingin melaksanakan salat lima waktu. Ini ditangkap dengan baik oleh Pak Gubernur dengan menghadirkan fasilitas ibadah yang luar biasa menurut kami. Bisa jadi fasilitas ibadah dan untuk wisata religi bagi masyarakat,” ucap Kepala Bidang Penataan Bangunan Dinas PUTR Kabupaten Bulukumba, Agus Wijaya.(*)

Mutmainnah S. Sabrah
Mutmainnah S. Sabrah Minggu, 05 Februari 2023 12:04
Komentar