Logo Header

Plt Kadinsos Makassar Hadiri Peringatan Hari Kusta Sedunia yang Digelar Warga Dangko

Redaksi
Redaksi Minggu, 29 Januari 2023 18:11
Plt Kadinsos Makassar Hadiri Peringatan Hari Kusta Sedunia yang Digelar Warga Dangko

WAJAHINDONESIA.CO.ID, MAKASSAR – Plt. Kepala Dinas Sosial Kota Makassar, Armin Paera, A.P., M.Si. menghadiri peringatan Hari Kusta Sedunia Kota Makassar Tahun 2023 di Jl. Dangko Lr. 3, Minggu (29/01/2023).

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Komunitas Warga Dangko ini mengusung tema Act Now, Act Together, Invest in Neglected Tropical Diseases.

Dalam kegiatan ini, Plt. Kadis memaparkan beberapa program strategis serta bentuk-bentuk dukungan yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kota Makassar kepada Penyandang Kusta di Kota Makassar.

Menurut Armin Paera, kusta adalah penyakit infeksi menahun atau kronis yang disebabkan oleh kuman Mycobacterium Leprae. Penyakit tersebut menyerang kulit dan saraf tepi.

Untuk mencegahnya, kata Armin, dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Antara lain imunisasi Bacillus Calmette-Guérin (BCG) pada bayi yang mampu mengurangi kemungkinan terkena kusta.

Kemudian, melakukan pemeriksaan ke Puskesmas jika terdapat bercak di kulit yang tidak ditumbuhi bulu, tidak mengeluarkan keringat, serta kurang rasa.

“Penyakit kusa ini berkembang sangat lambat, karena gejala bisa muncul setelah 20 tahun terinfeksi. Maka, diharapkan masyarakat dapat mengetahui gejalanya dan melakukan pencegahan kusta,” ujarnya. (*)

Redaksi
Redaksi Minggu, 29 Januari 2023 18:11
Komentar