Logo Header

Wakil Bupati dan Kapolres, Pimpin Gelar Pasukan Ops Lilin 2022 di Mapolres Selayar

Redaksi
Redaksi Kamis, 22 Desember 2022 12:50
Wabup bersama Kapolres Selayar saat memimpin Apel Operasi Lilin 2022.
Wabup bersama Kapolres Selayar saat memimpin Apel Operasi Lilin 2022.

WAJAHINDONESIA.CO.ID, SELAYAR – Wakil Bupati H. Saiful Arif, SH bersama Kapolres AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra memimpin secara bersama Apel Gelar Pasukan Ops Lilin 2022 yang dilaksanakan hari ini di Halaman Mapolres Kepulauan Selayar, Kamis (22/12).

Hadir dalam Gelar Pasukan ini Ketua DPRD Mappatunru, Dandim 1415 Selayar Letkol Inf Nanang Agung Wibowo, Kajari Hendra Syarbaini, S.H., M.H., Ketua Pengadilan Negeri Nur Kautsar Hasan, S.H., M.H., Beberapa Kepala Dinas, Kantor, Para PJU Pores dan sejumlah Pejabat lainnya.

Gelar Pasukan Ops Lilin 2022 ini dilaksanakan untuk mengecek kesiapan Pasukan pengamanan dalam mengamankan Natal dan Tahun Baru 2023. Pasukan pengamanan ini merupakan gabungan dari Personel Polres, Kodim 1415 Selayar, Dishub, Pol PP, Damkar dan BNPB Kabupaten Kepulauan Selayar.

Apel pasukan diawali dengan penyematan tanda pita operasi lilin Tahun 2022 kepada Personel perwakilan Satuan Pasukan.

Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Ujang Darmawan Hadi Saputra, SH.,S.IK.,MM.M.IK., dalam amanat Apel, membacakan sambutan seragam Kapolri Jenderal Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si.

Melalui sambutan tersebut, Kapolri menyampaikan apel gelar pasukan merupakan bentuk pengecekan akhir kesiapan personil maupun sarana prasarana. Dengan harapan pengamanan dapat terselenggara secara optimal dan sinergi sehingga perayaan Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru) mampu berjalan dengan kondusif.

Ia menjelaskan bahwa momentum Nataru selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat Indonesia disetiap penghujung Tahun dengan melaksanakan berbagai kegiatan, sehingga tentunya berimplikasi terhadap meningkatnya mobilitas masyarakat.

“Oleh sebab itu Polri telah menyiapkan 166.322 Personil gabungan yang ditempatkan pada 1.845 pos pengamanan, 695 pos pelayanan dan 89 pos terpadu, guna mengamankan 52.636 objek pengamanan.,” kata Kapolri yang dibacakan Oleh Kapolres.

Kapolri juga berpesan, kepada seluruh personil agar melaksanakan tugas pengamanan Natal dan Tahun baru ini dengan penuh tanggung jawab.

“Oleh karena itu laksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab, professional dan pahami tugas maupun fungsinya masing-masing sesuai rencana operasi dengan mengedepankan langkah prediktif serta deteksi dini, tanamkan niat dalam diri apa yang kita lakukan merupakan wujud pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan Negara.” harapnya.

Sementara itu atas nama Pemkab Kepulauan Selayar, Wakil Bupati H. Saifu Arif menyampaikan pentingnya Gelar Pasukan Ops Lilin tersebut, untuk mempersiapkan memberikan rasa aman dan menjaga situasi Kamtibmas pada perayaan Natal dan Tahun Baru.

” Kepada masing-masing kesatuan supaya saling Koordinasi, Integrasi, simplikasi dan singkronisasi, itulah empat kata kunci yang menopang Sinergitas. Sulit berbelit-belit kita sederhanakan” kata Saiful Arif.

Lebih lanjut Wabup menjelaskan, perayaan Natal dan Tahun baru akan memicu kenaikan harga kebutuhan masyarakat akibat meningkatnya permintaan.

” Jika masih terkendali itu belum mengganggu ketentraman, tetapi kalau sudah terjadi penimbunan, terjadi kelangkaan, ini yang perlu diantisipasi karena akan menimbulkan gejolak dan potensi gangguan Kamtibmas di Masyarakat” tutup Wabup.

Untuk diketahui Polres Kepulauan Selayar bersama Pemkab, TNI dan Instansi terkait akan menggelar Ops Lilin 2022, di masa Libur Natal dan Tahun Baru 2022/2023 selama 11 hari. Mulai 22 Desember 2022 hingga 3 Januari 2023.

Redaksi
Redaksi Kamis, 22 Desember 2022 12:50
Komentar